loading...
loading...
Peranti penunjuk digunakan untuk memilih data atau perintah yang muncul di layar monitor. Saat ini peranti penunjuk banyak dimanfaatkan terutama pada aplikasi yang berbasis gambar, karena memilih perintah dengan peranti penunjuk lebih mudah daripada harus mengingat perintah yang harus diketikkan lewat keyboard. Yang paling umum adalah mouse dan sejenisnya. Adapun yang lain berbentuk pena elektronis, di antaranya adalah: pen-based computer system, light pen, dan digitizer.
1. Mouse
Mouse adalah peranti penunjuk yang pada saat ini telah banyak dipergunakan secara umum. Mouse digunakan untuk menunjuk data atau perintah yang ditampilkan pada layar monitor. Peranti ini pertama kali dikenalkan oleh Macintosh dan sangat disenangi oleh pemakai. Penggunaan mouse baru marak setelah Windows muncul dengan tampilan Graphical User Interface (GUD)-nya, yaitu Windows 3.1.
(a) Mouse tanpa kabel (b) finger mouse
Gambar 1 Berbagai mouse
Cara
Kerja Mouse
- Mouse optomekanik adalah jenis mouse yang paling banyak dipakai di Indonesia saat ini. Pada prinsipnya mouse jenis ini akan mendeteksi gerakan tangan kita, untuk diubah menjadi sinyal yang dapat dikenali prosesor. Untuk itu diperlukan 5 macam komponen, yaitu:
- Sebuah bola yang terletak di dasar mouse. Bola tersebut akan bergerak pada saat kita menggeserkan mouse
- Dua buah roller yang akan berputar pada saat bola mouse bergerak. Roller pertama akan mengukur arah gerakan ke sumbu X, dan roller kedua akan mendeteksi arah gerakan sumbu Y.
- Roller ini terhubung ke sebuah piringan yang berlubang- lubang. Piringan akan berputar pada saat roller berputar Ada sepasang piringan untuk masing-masing roller, sehingga gerakan melingkar juga dapat dideteksi oleh mouse.
- Dengan adanya piringan berlubang tersebut maka cahaya LED akan ditangkap secara terputus-putus oleh sensor infra merah yang ada di dalam mouse. Pulsa nyala-putus LED yang dipantau oleh sensor inframerah tersebutlah yang menandakan kecepatan geser mouse serta jarak penggeseran mouse.
- Terdapat sebuah keping chip prosesor yang dapat mengubah pulsa LED menjadi data biner yang dikenali oleh komputer.
Mouse jenis ini memerlukan pembersihan secara teratur, karena kotoran yang masuk ke dalam mouse dapat mengganggu gerak bola mouse.
- Mouse optik menggunakan sebuah LED merah sebagai pengganti bola mouse. Cahaya LED ini akan dipantulkan oleh permukaan meja/alas ke sensor CMOS (Complimentary Metal-OxideSemiconductor). Sensor ini kemudian mengirimkan gambaran
- Tak ada bagian yang harus bergerak, sehingga kemungkinarn kegagalan putaran tidak ada.
- Karena tertutup penuh, tak memungkinkan debu masuk ke dalam mouse.
Resolusi pelacakan cahaya lebih halus sehinga gerakan kursor mouse pada layar juga semakin halus.
loading...
Gambar 2 Bagian
dalam mouse optomekanik.
2. Trackball
Trackball memiliki fungsi yang sama dengan mouse, yaitu untuk memilih perintah-perintah dari menu tampilan grafis. Bedanya, jika untuk menggerakkan penunjuk mouse di layar diperlukan penggeseran mouse, penggeseran penunjuk trackball di layar dilakukan dengan memutar bola trackball dengan tangan pemakai ke arah yang dikehendaki.
Trackball banyak diterapkan pada komputer
laptop karena dapat menghemat tempat gerak, juga terkadang tak memerlukan meja sebagai tempat gerak, karena dapat menempel langsung pada komputer laptop.
Peranti penunjuk jenis ini perlu dibersihkan lebih sering, karena lebih cepat kotor oleh minyak yang ditimbulkan tangan pemakai dibandingkan peranti penunjuk lainnya.
(a)Trackball dengan kabel (b) Trackball untuk penyandang cacat
(c) Trackball optik (d) Keyboard yang dilengkapi trackball
Gambar 3 Berbagai contoh trackball.
3. Pointing Stick
Pointing stick
atau kadang disebut stylus adalah
alat penunjuk yang berwujud seperti karet penghapus pada pinsil,
yang biasanya terletak pada laptop. Untuk menggerakkan penunjuk pada layar dilakukan dengan menekan peranti ini ke arah yang kita kehendaki. Sebagian besar pointing stick dirancang untuk peka terhadap tekanan. Jadi jika kita menekan dengan lebih keras, maka kursor akan bergerak lebih cepat.
Gambar 4 Keyboard Endura pro
104 dengan pointing stick.
Gambar 5 Webboard – wireless keyboard dengan
pointing stick.
4. Touchpad
Touchpad adalah peranti penunjuk yang berupa tempat datar guna menggeser penunjuk pada layar monitor dengan cara menggeserkan tangan di atasnya. Untuk melakukan "klik" pada touchpad biasanya ada tombol yang terletak di dekatnya atau cukup dilakukan dengan mengetuk touchpad
tersebut. Touchpad juga banyak digunakan pada komputer jenis laptop karena tak memerlukan tempat kerja yang luas.
loading...
(a) Synaptics touchpad (b) Keyboard dengan touchpad built-in KBGPPS2
(c) Keyboard ergonomik dengan (d) Mini keyboard dengan touchpad
touchpad built-in built-in (ukuran notebook)
Gambar 6 Berbagai contoh touchpad.
5. Touch Screen
Touch screen (layar sentuh) adalah peranti penunjuk berupa monitor yang telah dibuat sangat peka sehingga memungkinkan
pemakai untuk menunjuk dan menyentuh suatu gambar di layar secara langsung guna mengaktifkan suatu perintah.
Layar sentuh ini biasanya terbungkus oleh plastik dan di belakangnya terdapat sinar inframerah yang tak terlihat. Lokasi sinar inframerah yang lokasi perintah yang dikehendaki pemakai.
Hasil keluaran dari pilihan yang
dilakukan akan dimunculkan kembali pada touch screen.
Contoh penerapan touch screen yang banyak
ditemui adalah pada penjuk peta di bandara-bandara atau layanan
informasi di beberapa kota besar. Di luar negeri, penerapan touch screen di
tempat umum lainnya banyak dijumpai, seperti pada ATM, mesin-mesin penjualan tiket, penyedia informasi di kampus, toko, dsb.
(a) Touch screen berbentuk CRT (b) Touch screen berbentuk LCI
Gambar 7 Touch screen berbentuk CRT maupun LCD.
Gambar 8 Touch screen elo Intuitive 1526L.
6.
Joystick
Joystick biasa digunakan untuk mengendalikan
aplikasi permainan (game). Pada prinsipnya sama seperti cara kerja mouse Hanye
saja penggerak penunjuk layar berupa tongkat kecil.
loading...
Gambar 9 Joystick. Komponen utama dalam permainan dengan komputer.
7. Peranti Penunjuk Berbentuk Pena
Sistem berbasis pena elektronis memungkinkan seseorang memilih memasukkan perintah, dan bahkan menerima masukan berupa tulisan tangan, jika menggunakan perangkat lunak yang dapat mengenali
dan menterjemahkan tulisan tangan. Contoh pemanfaatan sistem komputer berbasis pena adalah pena untuk masukan pada PDA dan berbagai komputer yang dapat dipegang tangan.
Gambar 10 Sistem komputer berbasis pena.
8.
Light Pen
Light pen adalah peranti
penunjuk yang berupa seperti pena dan menghasilkan cahaya, yang digunakan bersamaan dengan sebuah layar yang peka cahaya (fotoelektrik). Light pen memungkinkan pemakai umenunjuk langsung ke layar di mana pemakai menghendaki pilihan atau perintah yang dijalankan.
Contoh pemanfaatan light pen yaitu pada alat pengendali lalu lintas udara pada bandara. Light pen biasa digunakan untuk menampilkan informasi lebih rinci mengenai sebuah pesawat. Caranya yaitu dengan menunjukkan peranti masukan ini pada obyek tertentu yang muncul pada radar.
Gambar 11 Stainless steel Light Pen.
Gambar 12 PCPro External Light Pen.
Gembar 13 Pemanfaatan light pen untuk menggambar.
9. Digitizing tablet
Digitizing tablet merupakan salah satu
peranti digitizer, yaitu peranti yang dapat mengonversi gambar atau foto menjadi data
digital. peranti ini berbentuk seperti papan plastik elektronis yang dilengkapi dengan mouse atau pena elektronis. Tablet akan dapat mengonversikan gerakan tangan pemakai menjadi sinyal digital masukan bagi komputer
Gambar 14 Graphic PC Tablets dengan Hyper Pen 6000
loading...
0 Comments
EmoticonEmoticon