loading...
loading...

Peranti Penunjuk (Pointing Device)

loading...
loading...
Peranti penunjuk digunakan untuk memilih data atau perintah yang muncul di layar monitor. Saat ini peranti penunjuk banyak dimanfaatkan terutama pada aplikasi yang berbasis gambar, karena memilih perintah dengan peranti penunjuk lebih mudah daripada harus mengingat perintah yang harus diketikkan lewat keyboard. Yang paling umum adalah mouse dan sejenisnya. Adapun yang lain berbentuk pena elektronis, di antaranya adalah: pen-based computer system, light pen, dan digitizer.

1. Mouse
Mouse adalah peranti penunjuk yang pada saat ini telah banyak dipergunakan secara umum. Mouse digunakan untuk menunjuk data atau perintah yang ditampilkan pada layar monitor. Peranti ini pertama kali dikenalkan oleh Macintosh dan sangat disenangi oleh pemakai. Penggunaan mouse baru marak setelah Windows muncul dengan tampilan Graphical User Interface (GUD)-nya, yaitu Windows 3.1.
Hasil gambar untuk Mouse tanpa kabelHasil gambar untuk finger mouse
                   (a) Mouse tanpa kabel                                                       (b) finger mouse
Gambar 1 Berbagai mouse


Cara Kerja Mouse
  • Mouse optomekanik adalah jenis mouse yang paling banyak dipakai di Indonesia saat ini. Pada prinsipnya mouse jenis ini akan mendeteksi gerakan tangan kita, untuk diubah menjadi sinyal yang dapat dikenali prosesor. Untuk itu diperlukan 5 macam komponen, yaitu:
  1. Sebuah bola yang terletak di dasar mouse. Bola tersebut akan bergerak pada saat kita menggeserkan mouse
  2. Dua buah roller yang akan berputar pada saat bola mouse bergerak. Roller pertama akan mengukur arah gerakan ke sumbu X, dan roller kedua akan mendeteksi arah gerakan sumbu Y.
  3. Roller ini terhubung ke sebuah piringan yang berlubang- lubang. Piringan akan berputar pada saat roller berputar Ada sepasang piringan untuk masing-masing roller, sehingga gerakan melingkar juga dapat dideteksi oleh mouse.
  4. Dengan adanya piringan berlubang tersebut maka cahaya LED akan ditangkap secara terputus-putus oleh sensor infra merah yang ada di dalam mouse. Pulsa nyala-putus LED yang dipantau oleh sensor inframerah tersebutlah yang menandakan kecepatan geser mouse serta jarak penggeseran mouse.
  5. Terdapat sebuah keping chip prosesor yang dapat mengubah pulsa LED menjadi data biner yang dikenali oleh komputer.
Mouse jenis ini memerlukan pembersihan secara teratur, karena kotoran yang masuk ke dalam mouse dapat mengganggu gerak bola mouse.

  • Mouse optik menggunakan sebuah LED merah sebagai pengganti bola mouse. Cahaya LED ini akan dipantulkan oleh permukaan meja/alas ke sensor CMOS (Complimentary
    Metal-Oxide
    Semiconductor). Sensor ini kemudian mengirimkan gambaran 
    permukaan ke Digital Signal Processor (DSP). DSP akan menganalisis gambaran tadi dan menentukan jarak penggeseran mouse, yang kemudian dikirimkan ke komputer. Berdasarkan data tersebut, komputer akan menggeser posisi kursor mouse pada layar Jika kini ada jenis mouse optik yang dapat dijalankan pada permukaan alas apa saja, dahulu mouse optik harus dijalankan pada sebuah mouse pad khusus yang memiliki pola garis kotak dari bahan yang dapat memantulkan cahaya dengan kuat. Pola garis kotak ini yang akan memutus pantulan cahaya LED. Berdasarkan pola nyala-putus LED tersebut, komputer akan mengetahui jarak penggeseran mouse. Namun, mouse jenis ini lebih susah dipakai dan tak dapat dipakai tanpa mouse pad khusus. Keunggulan mouse optik dibandingkan mouse optomekanik:
  1. Tak ada bagian yang harus bergerak, sehingga kemungkinarn kegagalan putaran tidak ada.
  2. Karena tertutup penuh, tak memungkinkan debu masuk ke dalam mouse.
Resolusi pelacakan cahaya lebih halus sehinga gerakan kursor mouse pada layar juga semakin halus.

Gambar terkait


loading...
Gambar 2 Bagian dalam mouse optomekanik.

2. Trackball
Trackball memiliki fungsi yang sama dengan mouse, yaitu untuk memilih perintah-perintah dari menu tampilan grafis. Bedanya, jika untuk menggerakkan penunjuk mouse di layar diperlukan penggeseran mouse, penggeseran penunjuk trackball di layar dilakukan dengan memutar bola trackball dengan tangan pemakai ke arah yang dikehendaki.

Trackball banyak diterapkan pada komputer laptop karena dapat menghemat tempat gerak, juga terkadang tak memerlukan meja sebagai tempat gerak, karena dapat menempel langsung pada komputer laptop.


Peranti penunjuk jenis ini perlu dibersihkan lebih sering, karena lebih cepat kotor oleh minyak yang ditimbulkan tangan pemakai dibandingkan peranti penunjuk lainnya.
Hasil gambar untuk Trackball dengan kabel       Hasil gambar untuk Trackball untuk penyandang cacat


               (a)Trackball dengan kabel                                   (b) Trackball untuk penyandang cacat
Hasil gambar untuk Trackball optik                                                  Gambar terkait
(c) Trackball optik (d) Keyboard yang dilengkapi trackball
Gambar 3 Berbagai contoh trackball.

3. Pointing Stick
Pointing stick atau kadang disebut stylus adalah alat penunjuk yang berwujud seperti karet penghapus pada pinsil, yang biasanya terletak pada laptop. Untuk menggerakkan penunjuk pada layar dilakukan dengan menekan peranti ini ke arah yang kita kehendaki. Sebagian besar pointing stick dirancang untuk peka terhadap tekanan. Jadi jika kita menekan dengan lebih keras, maka kursor akan bergerak lebih cepat.

Hasil gambar untuk Keyboard Endura pro 104 dengan pointing stick.

Gambar 4 Keyboard Endura pro 104 dengan pointing stick.

Hasil gambar untuk Webboard – wireless keyboard dengan pointing stick.
Gambar 5 Webboard – wireless keyboard dengan pointing stick.

4. Touchpad

Touchpad adalah peranti penunjuk yang berupa tempat datar guna menggeser penunjuk pada layar monitor dengan cara menggeserkan tangan di atasnya. Untuk melakukan "klik" pada touchpad biasanya ada tombol yang terletak di dekatnya atau cukup dilakukan dengan mengetuk touchpad tersebut. Touchpad juga banyak digunakan pada komputer jenis laptop karena tak memerlukan tempat kerja yang luas.

loading...
Hasil gambar untuk touchpadHasil gambar untuk Keyboard dengan touchpad built-in KBGPPS2

                   (a) Synaptics touchpad                          (b) Keyboard dengan touchpad built-in KBGPPS2

Hasil gambar untuk Keyboard ergonomik dengan touchpad built-inHasil gambar untuk Mini keyboard touchpad
           (c) Keyboard ergonomik dengan                               (d) Mini keyboard dengan touchpad
                        touchpad built-in                                                     built-in (ukuran notebook)
Gambar 6 Berbagai contoh touchpad.

5. Touch Screen
Touch screen (layar sentuh) adalah peranti penunjuk berupa monitor yang telah dibuat sangat peka sehingga memungkinkan pemakai untuk menunjuk dan menyentuh suatu gambar di layar secara langsung guna mengaktifkan suatu perintah.

Layar sentuh ini biasanya terbungkus oleh plastik dan di belakangnya terdapat sinar inframerah yang tak terlihat. Lokasi sinar inframerah yang lokasi perintah yang dikehendaki pemakai.

Hasil keluaran dari pilihan yang dilakukan akan dimunculkan kembali pada touch screen.

Contoh penerapan touch screen yang banyak ditemui adalah pada penjuk peta di bandara-bandara atau layanan informasi di beberapa kota besar. Di luar negeri, penerapan touch screen di tempat umum lainnya banyak dijumpai, seperti pada ATM, mesin-mesin penjualan tiket, penyedia informasi di kampus, toko, dsb.


Hasil gambar untuk Touch screen CRT   Hasil gambar untuk Touch screen LCI
(a) Touch screen berbentuk CRT (b) Touch screen berbentuk LCI
Gambar 7 Touch screen berbentuk CRT maupun LCD.

Hasil gambar untuk Touch screen elo Intuitive 1526L.
Gambar 8 Touch screen elo Intuitive 1526L.


6. Joystick
Joystick biasa digunakan untuk mengendalikan aplikasi permainan (game). Pada prinsipnya sama seperti cara kerja mouse Hanye saja penggerak penunjuk layar berupa tongkat kecil.


loading...
Hasil gambar untuk Joystick
Gambar 9 Joystick. Komponen utama dalam permainan dengan komputer.


7. Peranti Penunjuk Berbentuk Pena

Sistem berbasis pena elektronis memungkinkan seseorang memilih memasukkan perintah, dan bahkan menerima masukan berupa tulisan tangan, jika menggunakan perangkat lunak yang dapat mengenali dan menterjemahkan tulisan tangan. Contoh pemanfaatan sistem komputer berbasis pena adalah pena untuk masukan pada PDA dan berbagai komputer yang dapat dipegang tangan.



Hasil gambar untuk Sistem komputer berbasis pena.Gambar terkait
Gambar 10 Sistem komputer berbasis pena.




8. Light Pen
Light pen adalah peranti penunjuk yang berupa seperti pena dan menghasilkan cahaya, yang digunakan bersamaan dengan sebuah layar yang peka cahaya (fotoelektrik). Light pen memungkinkan pemakai umenunjuk langsung ke layar di mana pemakai menghendaki pilihan atau perintah yang dijalankan.

Contoh pemanfaatan light pen yaitu pada alat pengendali lalu lintas udara pada bandara. Light pen biasa digunakan untuk menampilkan informasi lebih rinci mengenai sebuah pesawat. Caranya yaitu dengan menunjukkan peranti masukan ini pada obyek tertentu yang muncul pada radar.

Hasil gambar untuk touchscreen Pen.
Gambar 11 Stainless steel Light Pen.

Hasil gambar untuk Light Pen.
Gambar 12 PCPro External Light Pen.

Hasil gambar untuk light pen untuk menggambar.
Gembar 13 Pemanfaatan light pen untuk menggambar.

9. Digitizing tablet
Digitizing tablet merupakan salah satu peranti digitizer, yaitu peranti yang dapat mengonversi gambar atau foto menjadi data digital. peranti ini berbentuk seperti papan plastik elektronis yang dilengkapi dengan mouse atau pena elektronis. Tablet akan dapat mengonversikan gerakan tangan pemakai menjadi sinyal digital masukan bagi komputer


Hasil gambar untuk Hyper Pen 6000
Gambar 14 Graphic PC Tablets dengan Hyper Pen 6000
loading...

0 Comments


EmoticonEmoticon

loading...
loading...