loading...
loading...

Pengertian Mouse

loading...
loading...
Mouse adalah peranti penunjuk yang pada saat ini telah banyak dipergunakan secara umum. Mouse digunakan untuk menunjuk data atau perintah yang ditampilkan pada layar monitor. Peranti ini pertama kali dikenalkan oleh Macintosh dan sangat disenangi oleh pemakai. Penggunaan mouse baru marak setelah Windows muncul dengan tampilan Graphical User Interface (GUD)-nya, yaitu Windows 3.1.
Hasil gambar untuk Mouse tanpa kabelHasil gambar untuk finger mouse
                   (a) Mouse tanpa kabel                                                       (b) finger mouse
Gambar 1 Berbagai mouse

Cara Kerja Mouse
  • Mouse optomekanik adalah jenis mouse yang paling banyak dipakai di Indonesia saat ini. Pada prinsipnya mouse jenis ini akan mendeteksi gerakan tangan kita, untuk diubah menjadi sinyal yang dapat dikenali prosesor. Untuk itu diperlukan 5 macam komponen, yaitu:
  1. Sebuah bola yang terletak di dasar mouse. Bola tersebut akan bergerak pada saat kita menggeserkan mouse
  2. Dua buah roller yang akan berputar pada saat bola mouse bergerak. Roller pertama akan mengukur arah gerakan ke sumbu X, dan roller kedua akan mendeteksi arah gerakan sumbu Y.
  3. Roller ini
  4. terhubung ke sebuah piringan yang berlubang- lubang. Piringan akan berputar pada saat roller berputar Ada sepasang piringan untuk masing-masing roller, sehingga gerakan melingkar juga dapat dideteksi oleh mouse.
  5. Dengan adanya piringan berlubang tersebut maka cahaya LED akan ditangkap secara terputus-putus oleh sensor infra merah yang ada di dalam mouse. Pulsa nyala-putus LED yang dipantau oleh sensor inframerah tersebutlah yang menandakan kecepatan geser mouse serta jarak penggeseran mouse.
  6. Terdapat sebuah keping chip prosesor yang dapat mengubah pulsa LED menjadi data biner yang dikenali oleh komputer.
loading...

loading...

Mouse jenis ini memerlukan pembersihan secara teratur, karena kotoran yang masuk ke dalam mouse dapat mengganggu gerak bola mouse.
  • Mouse optik menggunakan sebuah LED merah sebagai pengganti bola mouse. Cahaya LED ini akan dipantulkan oleh permukaan meja/alas ke sensor CMOS (Complimentary
    Metal-Oxide
    Semiconductor). Sensor ini kemudian mengirimkan gambaran 
    permukaan ke Digital Signal Processor (DSP). DSP akan menganalisis gambaran tadi dan menentukan jarak penggeseran mouse, yang kemudian dikirimkan ke komputer. Berdasarkan data tersebut, komputer akan menggeser posisi kursor mouse pada layar Jika kini ada jenis mouse optik yang dapat dijalankan pada permukaan alas apa saja, dahulu mouse optik harus dijalankan pada sebuah mouse pad khusus yang memiliki pola garis kotak dari bahan yang dapat memantulkan cahaya dengan kuat. Pola garis kotak ini yang akan memutus pantulan cahaya LED. Berdasarkan pola nyala-putus LED tersebut, komputer akan mengetahui jarak penggeseran mouse. Namun, mouse jenis ini lebih susah dipakai dan tak dapat dipakai tanpa mouse pad khusus. Keunggulan mouse optik dibandingkan mouse optomekanik:
  1. Tak ada bagian yang harus bergerak, sehingga kemungkinarn kegagalan putaran tidak ada.
  2. Karena tertutup penuh, tak memungkinkan debu masuk ke dalam mouse.
Resolusi pelacakan cahaya lebih halus sehinga gerakan kursor mouse pada layar juga semakin halus.

Gambar terkait

Gambar 2 Bagian dalam mouse optomekanik.
Baca jugas Peranti Penunjuk (Pointing Device)
loading...

0 Comments


EmoticonEmoticon

loading...
loading...