loading...
loading...

Jenis-Jenis Monitor Berdasarkan Teknologi Pembuatannya

loading...
loading...
1. Cathode Ray Tube Monitor CRT
memiliki layar yang terbuat dari tabung hampa, sama seperti pada pesawat televisi. Hal ini membuat monitor CRT memiliki ukuran relative besar dibandingkan monitor LCD.
Gambar terkait
MONITOR NEC 21

 Hasil gambar untuk MONITOR TRINITRON FD
MONITOR TRINITRON FD
WARNA MULTISCAN 21"
Hasil gambar untuk MONITOR TRINITRON FD  WARNA MULTISCAN 24"
MONITOR TRINITRON FD
WARNA MULTISCAN 24"
Gambar 1 Contoh monitor CRT.

2. Monitor Layar datar (Flat Panel Display)
Monitor Layar datar atau Flat Panel Display adalah teknologi tampilan elektronik yang digunakan untuk memungkinkan orang melihat konten (gambar diam, gambar bergerak, teks, atau materi visual lainnya) dalam berbagai hiburan, elektronik konsumen, komputer pribadi, dan perangkat seluler, dan banyak jenis medis, transportasi dan peralatan industri.

Monitor ini jauh lebih ringan dan lebih tipis daripada set televisi tabung sinar katoda tradisional (CRT) dan tampilan video dan biasanya kurang dari 10 cm (3,9 inci) tebal. Tampilan panel datar dapat dibagi menjadi dua kategori perangkat tampilan: mudah menguap dan statis. Tampilan yang mudah berubah mengharuskan piksel secara berkala disegarkan secara elektronik untuk mempertahankan statusnya (misalnya, tampilan kristal cair (LCD)). Tampilan yang tidak stabil hanya menampilkan gambar ketika memiliki daya baterai atau listrik AC . Layar panel datar statis bergantung pada materi yang status warnanya bistable (misalnya, tablet pembaca e-book dari Sony), dan dengan demikian, layar panel datar menyimpan teks atau gambar di layar meskipun daya dimatikan. Pada 2016, layar panel datar hampir sepenuhnya menggantikan tampilan CRT lama. Di banyak aplikasi era 2010, khususnya perangkat portabel kecil seperti laptop, ponsel, ponsel cerdas, kamera digital, camcorder, kamera bidik-jepret, dan kamera video saku, setiap kerugian tampilan panel datar (dibandingkan dengan CRT) dibuat untuk keuntungan portabilitas (tipis dan ringan).

Layar datar atau Flat Panel Display  sendiri dibedakan menjadi tiga, yaitu LCD, EL, dan plasma.

- Monitor Layar Datar LCD (Liquid Crystal Display)
Layar LCD memanfaatkan dua keping bahan yang terpolarisasi, dengan ditambah cairan kristal di antara keping tersebut. Sinyal listrik yang dilewatkan melalui cairan kristal tersebut akan membuat Kristal yang ada di dalamnya mencegat cahaya yang lewat. Oleh karena itu tampilan LCD jenis monochrome biasanya berupa citra berwarna biru atau gelap, dengan latar belakang abu-abu muda.

LCD berwarna menggunakan dua jenis teknik untuk menghasilkan warna, yaitu passive matrix dan active matrix.
  • Pasive matrix: Teknologi yang digunakan lebih murah dibandingkan active matrix. Pada LCD jenis ini terdapat sederetan transistor di atas (sumbu x) dan di samping kiri (sumbu y) monitor. Transistor- transistor ini memberi energi pada piksel. Piksel merupakan 
    loading...
    loading...
    pertemuan dari pancaran transistor sumbu x dan sumbu y. Oleh karena hal tersebut maka teknologi ini sering juga disebut Dual Scan monitorKelemahan teknologi ini, monitor harus dilihat secara tegak lurus. Jika dipandang dari sudut agak menyamping, maka tulisan pada monitor tidak akan terlihat. Kelemahan lain, jika ada transistor yang mati, maka akan terlihat adanya garis gelap melintang atau tegak lurus pada layar monitor. Pada teknologi passive matrix yang lebih baru seperti CSTN (Color Super-Twisted Nematic), DSTN (Double Layer Super- Twist Nematic), dan HPA (High-Performance Addressing), kecerahan citra lebih bagus.
  • Active matrix: Menggunakan teknologi Thin Film Transistor (TFT). Hasil warna yang diperoleh sebagus CRT, namun teknologinya mahal Active matrix memiliki transistor yang memancarkan cahaya sendiri pada masing-masing piksel, sehingga warnanya lebih cerah, dan tak harus dilihat dengan sudut pandang tegak lurus. Namun karena adanya banyak transistor ini, mengakibatkan pemakaian daya jenis monitor ini lebih tinggi dan kemungkinan kerusakan pada piksel lebih besar.

Hasil gambar untuk LCD TFT FLAT  Panel Monitor 15"
LCD TFT FLAT
Panel Monitor 15"
Gambar terkait
SyncMaster 152T/ 172T
Samsung
Gambar 2 Contoh monitor LCD

- Monitor Plasma
Monitor plasma (atau lengkapnya adalah monitor plasma gas) menggunakan gas untuk mengeluarkan cahaya. Teknologi pada monitor ini kini diterapkan pada televisi datar berlayar lebar.
Hasil gambar untuk Brilliance Plasm 42" philips
50” Panasonic Plasma Display TH-50PF20ER

Hasil gambar untuk Monitor  Plasma 60"Zenith
Zenith 60" Class 
Gambar 3 Contoh monitor plasma.

- Monitor Electroluminescent


Monitor electroluminescent (EL) mengandung bahan yang bercahaya manakala dialiri arus listrik. Sebuah piksel terbentuk pada layar saat arus listrik dikirim ke perpotongan baris dan kolom yang sesuai.
loading...

0 Comments


EmoticonEmoticon

loading...
loading...