loading...
loading...

Spektrum Frekuensi Dan Lebar-Jalur

loading...
loading...
Spektrum frekuensi suatu isyarat menyatakan jangkauan frekuensi yang dikandung oleh isyarat. Sebagai contoh, terdapat suatu isyarat dengan persamaan:
Spektrum frekuensi isyarat ini meliputi f1 hingga 3 f1.

Berkaitan dengan spektrum frekuensi, terdapat istilah lebar-jalur (bandwidth). Lebar-jalur suatu isyarat menyatakan lebar spektrum frekuensi. Dengan demikian lebar-jalur untuk isyarat sin(2phif1t) adalah sebesar 2f1. Istilah lebar-jalur digunakan pada isyarat analog dan digital.
Catatan:
  • Lebar-jalur dapat dibayangkan sebagai lebar jalan. Bila jalan semakin lebar, jalan dapat menampung kendaraan dengan volume yang lebih banyak.
  • Lebar-jalur untuk isyarat analog dinyatakan dengan satuan Hz sedangkan lebar-jalur isyarat digital dinyatakan dengan bps (bit per detik).
Pada isyarat digital, idealnya isyarat berupa pulsa berbentuk kotak. Isyarat dengan bentuk seperti ini memerlukan lebar-jalur yang tak terhingga. Pada prakteknya, lebar-jalur yang digunakan pada transmisi digital sangat terbatas. Tentu saja lebar-jalur yang digunakan berpengaruh terhadap kualitas isyarat digital. Sebagai ilustrasi, gambar berikut memperlihatkan hubungan antara lebar-jalur dan kualitas isyarat digital.
isyarat digital
Gambar 1 Efek lebar-jalur terhadap isyarat digital.
Gambar di atas memperlihatkan bahwa lebar-jalur yang semakin kecil akan menghasilkan kualitas isyarat digital yang semakin jelek (perbedaan 0 dan 1 menjadi kian sulit dideteksi).

Lebar-jalur berperan dalam hal mempengaruhi laju data. Namun, hal penting yang perlu diketahui adalah bahwa dalam prakteknya penggunaan lebar-jalur yang besar akan meningkatkan biaya. Itulah sebabnya, dengan alasan masalah ekonomis dan praktis, informasi digital dideteksi dengan isyarat yang berlebar-jalur terbatas. Namun, di sisi lain, pembatasan lebar-jalur membawa dampak terciptanya distorsi. Distorsi ini membuat tugas untuk menerjemahkan isyarat yang diterima menjadi sulit dan sebagai akibatnya data menjadi lambat diterima.
Catatan: Aturan yang berlaku, semakin terbatas lebar-jalur berarti bahwa distorsi semakin meningkat dan akibatnya potensi kesalahan pada sisi penerima menjadi semekin besar.
Tabel 1 memperlihatkan frekuensi-frekuensi yang dialokasikan untuk kegiatan komunikasi yang menggunakan gelombang radio. Adapun Gambar 2 memperlihatkan spektrum elektromagnetik yang men- cakup gelombang radio dan gelombang lainnya seperti inframerah dan ultraungu.

loading...
Tabel 1 Daftar frekuensi untuk komunikas.
Frekuensi
Keterangan
Penggunaan
300 Hz - 3KHz
ELF (Extremely Low Frequency)
Komunikasi kapal selam
3 KHz - 30 KHz
VLF (Very Low Frequency)
Percakapan manusia
30 Khz - 300 KHz
LF (Low Frequency)
Navigasi radio
300 KHz - 3 MHz

MF (Medium Frequency)
Navigasi radio
Radio AM
3 MHz - 30 MHz
HF (High Frequency)
Radio CB
30 MHz - 300 MHz
VHF (Very High Frequency)
Remote control untuk mainan
Navigasi pesawat terbang
Radio amatir
Siaran televisi VHF
Radio FM
300 MHz - 3 GHz
UHF (Ultra High Frequency)
Telpon seluler
Telpon tanpa kabel
Transmisi
mikrogelombang
Siaran televisi UHF
Radar
GPS
3 GHz - 30 GHz
SHF (Super High Frequency)
Komunikasi satelit
RADAR
Transmisi
mikrogelombang
20 GHz- 300 GHz
EHF (Extremely High Frequency)
Radio amatir
Transmisi
mikrogelombang
Komunikasi satelit
Spektrum elektromagnetik
Gambar 2 Spektrum elektromagnetik.
loading...

0 Comments


EmoticonEmoticon

loading...
loading...