loading...
loading...

Pengertian Dan Jenis Satelit

loading...
loading...
Satelit sebenarnya juga menggunakan mikrogelombang. Dalam hal ini satelit bertindak sebagai stasiun relai yang berada di angkasa, dengan ketinggian kira-kira 480-22.000 mil di atas permukaan bumi. Satelit ini mengitari bumi per 24 jam. Sebagai akibatnya, seolah-olah satelit sebagai objek yang menetap di atas bumi. Tabel 10.6 memperlihatkan tiga jenis satelit berdasarkan orbitnya. Satelit (melalui peranti yang disebut transponder. yang bertindak sebagai penerima, penguat, dan sekaligus pengirim) menangkap isyarat yang berasal dari stasiun bumi pengirim dan kemudian memancarkan kembali ke stasiun bumi penerima. Umumnya, satelit memiliki sejumlah kanal, dengan masing-masing kanal memiliki kapasitas untuk menangani lebih dari 1,544 Mbps. Yang menarik, hanya dengan tiga buah satelit dengan posisi 120 derajat terhadap yang lain, komunikasi di seluruh penjuru bumi bisa dijangkau. Hal ini berlaku untuk jenis GEO.

Tabel 1 Jenis satelit berdasarkan posisi orbit.
Jenis
Keterangan
GEO (geostationary earth orbit)
22.300 mil tepat di atas garis katulistiwa
MEO (medium earth orbit)
6.000 mil di atas garis katulistiwa
LEO (Low earth orbit)
400-1000 mil di atas permukaan bumi
HEO (highly elliptical orbit)
Jenis orbit ini dikembangkan oleh Sovyet (Rusia)
Gambar terkait
Gambar 1 Berbagai macam orbit satelit.
Hasil gambar untuk Komunikasi satelit
Gambar 2 Komunikasi satelit.
CCITT merancang sepasang jalur frekuensi untuk melakukan koneksi via satelit. Jalur pertama dipakai untuk mengirim (disebut uplinkdan jalur kedua digunakan untuk menerima (disebut downlink). Jangkauan frekuensi untuk transmisi satelit dapat dilihat pada Tabel 2.

Tabel 2 Jalur frekuensi menurut CCITT.
Jalur
Pengiriman (Uplink)
Penerimaan (Downlink)
C
5.925 - 6.425GHz
3,7 - 4,2 GHz
Ku
14,0 - 14,5 GHz
11.7 - 12.2GHz
Ka
27,5 - 31,0 GHz
17,7 - 21,2 GHz
Selain biaya yang mahal, kelemahan satelit adalah dalam hal waktu tunda, yang diakibatkan oleh lama berpindahnya isyarat dari stasiun bumi ke satelit dan dari satelit ke stasiun bumi. Waktu tunda sekitar 1/3 detik untuk GEO. Selain itu, data yang ditransmisikan perlu diamankan dari para penyadap. sebab dengan penyetelan pada frekuensi yang tepat, penyadap dapat mengambil informasi tanpa terdeteksi.

Satelit sangat cocok digunakan untuk komunikasi data jarak jauh, terutama pada daerah-daerah yang cakupannya luas dan infrastruktur jaringan telepon belum tersedia. Selain itu, satelit juga dapat mendukung mobilitas pemakai. Pemakai dapat bergerak ke mana saja saat mengirim atau menerima isyarat melalui satelit.

Kendalanya, biaya investasi sangat mahal (menyangkut peluncuran satelit serta biaya untuk peralatan stasiun bumi). Oleh karena itu, operasional transmisi satelit lazim dilakukan dengan cara sewa. Antena yang digunakan relatif kecil dan disebut VSAT (very small aperture terminal). Model seperti ini biasa digunakan pada ATM (Anjungan Tunai Mandiri).

Salah satu aplikasi yang menggunakan satelit adalah GPS (global positioning system). GPS adalah kumpulan dari 24 satelit yang mengitari bumi dan secara terus-menerus mengirimkan isyarat yang memungkinkan pemakai dapat menentukan posisi tempat ia sedang berada. Dalam hal ini, pemakai perlu menggunakan alat penerima GPS (GPS receiveryang berukuran kecil (dapat digenggam tangan). Alat ini mengambil isyarat dari empat buah satelit untuk menentukan posisi pemakai dengan keakuratan antara 3 sampai dengan 60 kaki.
GPS
Gambar 3 GPS receiver menentukan posisi pemakai berdasarkan isyarat dari 4 buah satelit.
Sejauh ini GPS dipakai untuk berbagai keperluan; misalnya sebagai alat bantu untuk pemetaan lokasi, melacak mobil yang hilang. dan sebagai sistem navigasi kendaraan.
Hasil gambar untuk Berbagai GPS receiver
Gambar 4 Berbagai GPS receiver.
loading...

Sistem GPS pada Mobil Buatan General Motors
General Motors menawarkan sistem yang diberi nama OnStar yang dapat dipasang pada mobil-mobil tertentu yang diproduksinya. Sistem ini dilengkapi dengan GPS yang dipakai untuk mencari posisi mobil dengan tepat. Pengemudi mobil dapat menemukan ATM, rumah sakit, toko, stasiun pompa bensin, serta hotel terdekat, dan bahkan memesan kamar hotel. Sopir juga dapat menekan tombol khusus untuk meminta layanan darurat.
loading...

0 Comments


EmoticonEmoticon

loading...
loading...