loading...
loading...

Mengenal Mikrogelombang

loading...
loading...
Mikrogelombang adalah bentuk gelombang radio yang menggunakan frekuensi tinggi (dalam satuan gigahertz), meliputi kawasan UHF, SHF, dan EHF. Mikrogelombang biasa disebut transmisi garis-pandang disebabkan antara pengirim dan penerima harus dalam garis-pandang. Sifat ini didasarkan karakteritik frekuensi yang digunakan. Perlu diketahui, gelombang dengan frekuensi di atas 100 MHz akan menjalar dengan arah lurus. Jarak transmisi biasanya terbatas pada 20-30 kilometer karena faktor kelengkungan bumi. Jika lebih dari jarak tersebut. perlu penambahan repeater.
mikrogelombang
Gambar 1 Penggunaan media transmisi mikrogelombang.
Transmisi mikrogelombang dapat menyediakan transmisi berganda lengan kecepatan hingga 50 Mbps.
Catatan:
  • Media transmisi dengan mikrogelombang seperti di atas sering disebut terrestrial microwaveMicrowave oven yang biasa digunakan untuk memasak bekerja dengan menggunakan gelombang ini.
  • Mikrogelombang banyak dipakai di lingkungan MAN (Metropolitan Area Network) dan pada warnet (warung Internet), yakni untuk menghubungkan warnet dan penyedia layanan Internet (ISP).
Kekurangan mikrogelombang, selain biaya instalasinya mahal, yakni sangat rentan terhadap hujan, cuaca, dan bahkan terpengaruh oleh pesawat terbang yang sedang melintas. Jika antara kedua menara terdapat gedung yang tinggi pada masa mendatang, hal ini akan menjadi masalah yang besar, karena pancaran mikrogelombang menjadi terhalang.
loading...
loading...

0 Comments


EmoticonEmoticon

loading...
loading...