loading...
loading...

Cara Mengakses Internet

loading...
loading...

Ada berbagai cara untuk mengakses Internet. Warung Internet (Warnet) merupakan salah satu sarana yang memungkinkan orang yang tak memiliki komputer untuk mengakses Internet dengan mudah. Seseorang cukup datang ke tempat tersebut dan mengakses Internet dengan basis pembayaran berdasarkan jumlah jam akses. Cara kedua adalah dengan menggunakan sarana Internet yang telah terpasang pada perusahaan tempat pegawai bekerja atau kampus tempat mahasiswa belajar. Alternatif ketiga yaitu dengan cara berlangganan dan mengakses internet di rumah.

Secara prinsip, hubungan ke Internet dilakukan melalui ISP (Internet Servive Provider), yaitu perusahaan yang melayani koneksi ke Internet. Beberapa contoh ISP di Indonesia: INDO.NET, IndosatNET, dan Wasantara Net. Koneksi dapat dilakukan atas dasar jumlah jam akses atau hak pakai selama 24 jam per hari. Akses melalui telepon biasanya didasarkan pada jumlah jam akses, sedangkan akses melalui jalur sewa (leased line) memberikan hak pakai untuk terkoneksi ke Internet selama 24 jam per hari karena didasarkan pada biaya sewa per bulan. Akses seperti ini biasa dilakukan pada perusahaan atau kampus yang menyediakan layanan Internet. Adapun koneksi yang digunakan pada Warnet umumnya menggunakan media mikrogelombang (misalnya WaveLAN). Layanan terbaru untuk mengakses Internet dilakukan melalui jaringan TV kabel (TV yang dihubungkan melalui kabel). Cara akses terakhir ini umumnya ditawarkan di kota-kota besar dan dikenal dengan sebutan Internet kabel. Pemakai cukup membayar sewa yang relatif murah (ratusan ribu per bulan) dan biasanya disertai dengan bonus menggunakan saluran-saluran TV satelit seperti CNN dan Discovery Channel.
Catatan: Akses Internet via telepon biasa disebut koneksi dial-up.
Diagram Internet
Gambar 1 Diagram hubungan pemakai dan Internet.
loading...

Perlu diketahui, komunikasi ke Internet melalui jalur telepon memiliki kecepatan antara 14,4 Kbps dan 56 Kbps. Media lain menawarkan kecepatan yang lebih tinggi, berkisar antara 54 Kbps sampai dengan 10 Mbps.
loading...

0 Comments


EmoticonEmoticon

loading...
loading...