loading...
loading...

Bahasa Pemrograman BASIC (Beginner All-purpose Symbolic Instruction Code)

loading...
loading...
BASIC (Beginner All-purpose Symbolic Instruction Code) dikembangkan pada tahun 1965 di Darmouth College. Penciptanya adalah John Kemeny dan Thomas Kurtz. Awalnya ditujukan sebagai bahasa sederhana untuk pengajaran dasar pemrograman komputer. Bahasa ini tergolong sebagai bahasa serbaguna, yakni dapat dipakai untuk aplikasi apa saja. Merupakan bahasa yang sangat populer sebelum akhirnya muncul Pascal.

Keunggulan BASIC terletak pada kemudahan untuk dipakai. Namun BASIC mulai ditinggalkan (saat itu) karena berbentuk interpreter. Oleh karena itu kecepatannya lambat bukan main. Belakangan muncul versi kompiler. Namun kehadirannya terlambat oleh pesona Pascal yang sejak pertama berbentuk kompiler, sehingga menawarkan kecepatan yang lebih tinggi. Kelemahan yang lain, BASIC tidak mendukung operasi bilangan kompleks dan penanganan terhadap berkas sangat terbatas, sehingga tidak cocok untuk menangani aplikasi bisnis.
Contoh program BASIC
Gambar 1 Contoh program BASIC.
Download Listing Program BASIC(Format .txt)
Catatan:BASIC menjadi populer kembali setelah Microsoft mengeluarkan Visual BASIC. Sebagaimana diketahui, Visual BASIC adalah perangkat lunak yang mendukung pemrograman visual dan sampai saat buku ini ditulis masih sangat populer.
loading...

0 Comments


EmoticonEmoticon

loading...
loading...