loading...
loading...

Pengertian Dan Penggolongan Utilitas

loading...
loading...
Utilitas adalah program yang bermanfaat untuk melakukan kegiatan yang berhubungan dengan sumber daya sistem, misalnya untuk mem- format disket. Di lingkungan Windows, program-program seperti ScanDisk, Disk Cleanup, dan Disk Defragmenter, secara otomatis disertakan dalam komputer ketika program Windows dinstal. Namun adakalanya Anda harus menginstalnya tersendiri karena memang bukan bagian dari sistem operasi. Sebagai contoh, program anti virus keluaran McAffe bukanlah bagian dari Windows.

Beberapa penggolongan utilitas menurut tugas yang dilakukan pencadangan (backup), pemulihan data (data recovery), anti virus. kompresi data, defragmentasi, pemformat disk. Berbagai kategori yang lain tidak dibahas karena sangat banyak.

Program Untuk Pencadangan
Pencadangan (backup) berarti menyalin program atau data yang terdapat pada hard disk komputer ke suatu peranti penyimpan eksternal (misalnya pita magnetik atau CD-RW) dengan tujuan agar sekiranya terjadi kerusakan pada hard disk komputer maka salinan tersebut dapat digunakan. Di lingkungan Windows, program seperti Norton Backup (dari Symantic) dapat digunakan untuk melakukan pencadangan. Di lingkungan UNIX dan Linux terdapat utilitas bernama tar, cpio, dan dd.
Hasil gambar untuk B's Recorder Gold
Gambar 1 B's Recorder Gold merupakan contoh utilitas yang dapat dipakai untuk membackup CD ataupun hard disk.
Program Pemulih Data
Utilitas pemulihan data berfungsi untuk melakukan perbaikan atau pemulihan data yang rusak secara fisik. Norton Utilities merupakan contoh program pemulihan data yang sangat terkenal. Perangkat lunak ini berisi kumpulan program yang antara lain berguna untuk membetulkan kerusakan data pada hard disk.
Hasil gambar untuk Norton Disk Doctor
Gambar 2 Norton Disk Doctor adalah bagian dari Norton Utilities yang berguna untuk melakukan perbaikan terhadap kerusakan data pada hard disk.
Program Anti Virus
Virus berupa penggalan kode yang dapat menggandakan dirinya sendiri dengan cara menyalin kode dan menempelkan ke berkas program yang dapat dieksekusi (misalnya berkas .exe pada DOS). Selanjutnya. salinan virus ini akan menjadi aktif manakala program yang terinfeksi dijalankan.

Beberapa virus hanya "sekedar nampang", namun sejumlah virus yang lain benar-benar sangat jahat karena akan menghapus berkas-berkas dengan ekstensi tertentu dan bahkan dapat memformat hard disk. Contoh virus jahat adalah CIH atau virus Chernobyl, yang melakukan penularan melalui e-mail. Pada awal tahun 2003 muncul virus berbasis e-mail yang menggunakan nama pengirim berupa artis terkenal Jennifer Lopez.

Program Anti virus berguna untuk menangani penularan virus dalam komputer. Beberapa program anti virus dapat melakukan pencegahan terhadap penularan virus, selain tentu saja dapat melakukan pemulihan berkas yang terkena virus. Contoh program anti virus yang terkenal yaitu Norton Anti Virus dan McAffee VirusScan.

Hasil gambar untuk program anti virus
Gambar 3 Contoh program Antivirus.

Kiat Menangani Virus
Cara terbaik menangani virus adalah dengan mencegah penularan virus ke dalam sistem komputer Anda. Pedoman yang perlu Anda

ketahui:
  1. Hindari menyalin berkas hasil Microsoft Office yang berasal dari komputer lain karena berkas tersebut mungkin telah disusupi virus makro yang dapat menular ke sistem Anda ketika Anda membuka berkas tersebut pada sistem komputer Anda.
  2. Jangan sebarangan menginstal program yang asal muasalnya tidak Anda ketahui; apalagi kalau Anda mendapatkannya dari situs Internet.
  3. Aturlah BIOS agar tidak melakukan booting dari disket secara otomatis untuk mencegah penularan virus yang sudah ada pada area boot pada disket.
  4. Hindari melakukan booting dari disket yang belum Anda ketahui dengan pasti bahwa disket tersebut bebas dari virus.
  5. Hindari membuka berkas yang disertakan dalam e-mail yang asalnya tidak jelas, karena penularan virus bisa terjadi ketika Anda membuka berkas tersebut.
  6. Untuk mencegah disket Anda tertulari virus saat Anda menggunakannya pada komputer lain, disket harus Anda atur agar dalam keadaan write-protected (tidak bisa ditulisi). Sebagai konsekuensinya, Anda memang tidak bisa menyalin berkas ke disket Anda.
  7. Dalam keadaan terpaksa Anda harus menyalin ke disket, tes disket Anda dengan menggunakan program anti virus terlebih dulu sebelum Anda mengakses isinya pada komputer Anda. Namun perlu disadari bahwa ada kemungkinan disket Anda telah tertulari oleh virus terbaru yang tak terdeteksi oleh program anti virus!

loading...

Program Kompresi Data
Kompresi data merupakan upaya yang biasa dilakukan pemakai komputer dengan tujuan agar berkas yang berukuran besar dapat disimpan dengan ukuran yang jauh lebih kecil. Tindakan ini seringkali dilakukan dengan tujuan agar berkas yang berukuran lebih besar dari kapasitas disket tetap dapat disimpan pada sebuah disket. Selain itu, data dilakukan dengan tujuan agar data yang berkuran besar dapat ditransfer dari suatu lokasi ke lokasi lain dengan cepat.

Contoh program terkenal yang berguna untuk melakukan kompresi data yaitu WinZip dan PK Zip. Di lingkungan Linux terdapat utilitas bernama gzip.
Gambar terkait
Gambar 4 WinZip, contoh program populer untuk kompresi data di lingkungan Windows.
Catatan: Ekstensi yang biasa digunakan berkas yang telah dikompresi adalah ZIP.

Program Untuk Melakukan Defragmentasi
Defragmentasi adalah suatu upaya untuk menghilangkan fragmentasi Fragmentasi adalah keadaan yang membuat bagian dari berkas-berkas pada hard disk atau disket tidak berada pada lokasi yang bersebelahan melainkan berserakan pada berbagai sektor yang berjauhan. Pengaruh dari keadaan ini adalah membuat pengaksesan terhadap berkas menjadi lambat.
Keadaan fragmentasi dan setelah didefragmentasi.
Gambar 5 Keadaan fragmentasi dan setelah didefragmentasi.
Program yang digunakan untuk melakukan defragmentasi disebut  defragger atau defragmenter. Disk Defragmenter merupakan contoh utilitas yang tersedia pada Microsoft Windows.
Hasil gambar untuk Program untuk melakukan defragmentasi disk
Gambar 6 Program untuk melakukan defragmentasi disk.
Pemformat Disk
Memformat disk adalah tindakan yang dilakukan untuk menyiapkan disket atau hard disk agar biasa digunakan untuk menyimpan data atau program. Untuk melakukannya Anda bisa menggunakan program pemformat disk. Gambar berikut menunjukkan contoh program pemformat disk pada Windows maupun pada Linux.
Hasil gambar untuk memformat disket pada Windows XP      Hasil gambar untuk memformat disket pada Mandrake Linux
Gambar 8 Contoh utilitas untuk memformat disket pada Windows XP (kiri) dan Mandrake Linux (kanan).
loading...

Catatan:1. Hati-hati dalam menggunakan program di atas, karena kalau Anda telah melakukan pemformatan, data yang ada pada disket atau hard disk tersebut akan hilang.2. Umumnya jika Anda membeli disket, disket tersebut sudah diformat oleh vendor. Disket seperti ini diberi label semacam "FORMATTED-IBM" atau "FORMATTED-IBM dan COMPATIBLES", yang berarti bahwa disket tersebut dapat langsung digunakan pada sistem IBM dan kompatibelnya.
loading...

0 Comments


EmoticonEmoticon

loading...
loading...