loading...
loading...

Penanganan Proses Dalam Sistem Operasi

loading...
loading...
Penanganan Proses dalam Sistem Operasi Berkaitan dengan penanganan proses, dikenal beberapa istilah seperti multiprogramingmultitasking, penyimpanan virtual, time sharing, dan multiprocessing.

1. Multiprogramming
Multiprogramming adalah suatu metode yang memungkinkan dua buah program atau lebih dijalankan secara serentak dalam sebuah komputer dan berbagi sumber daya dalam waktu yang berlainan. Sebagai contoh, dalam satu waktu sebuah program sedang menggunakan CPU, sedangkan program yang lain menggunakan printer. Di dalam sistem multiprogramming, sebuah program dijalankan dalam CPU sampai terjadi suatu interupsi; misalnya permintaan masukan. Pada saat program meminta masukan, program berikutnya yang telah dimuat dalam memori akan dijalankan sampai terjadi interupsi. Ketika pemrosesan interupsi telah berakhir, kontrol dikembalikan ke program yang diinterupsi. Siklus seperti ini diulang sehingga program-program yang telah dimuat memori utama akan diproses secara bergantian.

Konsep multiprogramming dapat dianalogikan dengan pengacara yang tentu saja tidak hanya menangani satu klien. Ketika suatu kasus dari seorang klien sedang menunggu untuk proses pengadilan, sang pengacara dapat menangani kasus yang lain. Dengan cara seperti ini tak ada waktu yang tersia-siakan (menganggur).

Mengingat pergantian antar satu program dan program lain berlangsung dengan cepat, semua program tampak seperti dijalankan secara serentak.

Sebelum konsep multiprogramming diterapkan, sistem operasi hanya menjalankan sebuah program pada satu waktu.
Perbedaan sistem operasi dengan dan tanpa multiprogramming
Gambar 1 Perbedaan sistem operasi dengan dan tanpa multiprogramming.
Kelemahan sistem multiprogramming adalah tidak memungkin pemakai berinteraksi dengan proses. Segala masukan ditangani melalui kartu kontrol yang dikenal dengan sebutan kartu plong.

2. Time-sharing
Time-sharing adalah suatu metode yang dipakai sistem operasi yang memungkinkan sejumlah pemakai dapat berinteraksi dengan proses yang dibuatnya karena setiap proses akan ditangani oleh CPU secara bergantian dalam jumlah waktu yang sama.

Pada implementasinya, setiap pemakai menggunakan terminal tersendiri. Masing-masing terminal dihubungkan ke satu komputer melalui jaringan komunikasi.
loading...

Time-sharing merupakan pengembangan lebih lanjut terhadap multiprogramming.

3. Penyimpanan virtual
Penyimpanan virtual adalah suatu metode yang menangani sejumlah program dengan membagi program-program tersebut ke dalam bagian-bagian yang lebih kecil dan berukuran sama dengan hanya sebuah bagian dari setiap proses yang ditaruh dalam memori utama per satu waktu. Hal ini dilakukan berdasarkan fakta bahwa kenyataannya hanya sedikit bagian dari suatu program yang sebenarnya diproses oleh CPU pada suatu waktu.

Satu bagian kecil yang dimuat per satu waktu dari sebuah program disebut dengan 1 halaman (page). Satu halaman kira-kira berukuran 2 sampai dengan 4 kilobyte. Bagian lain yang belum digunakan/diproses oleh CPU tetap berada dalam penyimpan sekunder. Dengan pendekatan seperti ini maka memungkinkan pemakai menjalankan program yang ukurannya lebih besar daripada ukuran memori utama. Metode seperti ini diterapkan antara lain pada Windows.

4. Multitasking
Multitasking adalah suatu kemampuan yang memungkinkan seorang pemakai menjalankan sejumlah program dalam waktu yang sama. Cara seperti ini umum dalam sistem PC. Dengan menggunakan sistem operasi Windows, seseorang dapat menjalankan program Word untuk membuat dokumen dan sekaligus menjalankan program Excel untuk membuat perhitungan-perhitungan dalam tabel. Pemakai dapat berpindah dari satu program ke program lain dengan mudah dan setiap program tetap dieksekusi oleh CPU.

5. Multiprocessing
Multiprocessing adalah suatu kemampuan sistem operasi yang menjalankan dua atau lebih instruksi secara serentak dengan menggunakan sejumlah CPU dalam sebuah komputer. Dengan pendekatan seperti ini, sistem operasi dapat mengatur agar sejumlah CPU menjalankan instruksi-instruksi yang berbeda yang terletak dalam sebuah program dalam waktu yang sama.
loading...
loading...

0 Comments


EmoticonEmoticon

loading...
loading...