loading...
loading...

Teknologi Penggabungan Pita Magnetik

loading...
loading...
Guna mendukung kecepatan, reliabilitas dan kapasitas yang diperlukan untuk berbagi data pada jaringan, biasanya perusahaan perusahaan memanfaatkan aplikasi pita penyimpanan yang terotomasi, misalnya seperti berikut:
  • Tape Library: Tape libary adalah sebuah sistem penyimpanan data gabungan beberapa cartridge berkapasitas tinggi untuk menyimpan mengambil data, dan membaca dan menulis data secara bersamaan. Perangkat keras dari peranti ini terdiri atas drive ditambah dengan suatu alat yang berfungsi untuk mengambil cartridge dari rak dan memasukkannya ke dalam drive saat diperlukan untuk backup, serta melepas cartridge yang sudah penuh dan menyimpannya sampai diperlukan. Tape library tersedia bagi cartridge: QIC, Travan, DAT 8mm. Tape Library dapat dibedakan menjadi unit penyimpan tingkat kecil, menengah hingga besar, yang dapat memanfaatkan ratusan hingga ribuan cartridge sekaligus. Tape Library sering dikenal sebagai near on line atau near-line karena kecepatan aksesnya tak setinggi hard disk.

Gambar terkait

Gambar 4 Mammoth LTO Exabyte tape library. Terdiri 75 slot cartridge.
loading...
  • Tape Array: Tape Array terdiri atas beberapa drive dengan serangkaian kontroler khusus yang dapat mengakses data pada drive-drive tersebut secara paralel. Konsepnya menyerupai teknologi RAID pada hard disk. Dengan cara ini dikatakan dapat mempercepat kinerja hingga beberapa kali lipat dibandingkan sistem dengan drive tunggal. Namun sampai saat ini belum terbukti dengan jelas perbedaannya. Hierarchical Storage Management (HSM): HSM ini dirancang untuk meminimalkan harga penyimpan dan sekaligus mengoptimalkan kinerjanya, dengan mengkombinasikan berbagai media penyimpanan seperti piringan magnetik, piringan optik, dan pita magnetik dalam satu unit penyimpan tunggal. Peranti akan mengatur letak penyimpanan data pada jenis media tertentu sesuai dengan tingkat keseringan dalam mengakses data tersebut.
  • Hierarchical Storage Management (HSM): HSM ini dirancang untuk meminimalkan harga penyimpan dan sekaligus mengoptimalkan kinerjanya, dengan mengkombinasikan berbagai media penyimpanan seperti piringan magnetik, piringan optik, dan pita magnetik dalam satu unit penyimpan tunggal. Peranti akan mengatur letak penyimpanan data pada jenis media tertentu sesuai dengan tingkat keseringan dalam mengakses data tersebut.

loading...

0 Comments


EmoticonEmoticon

loading...
loading...