loading...
loading...

Pengertian, Fungsi Dan Macam-Macam Hard Disk

loading...
loading...
Hard disk merupakan salah satu jenis piringan magnetik yang memiliki kapasitas yang besar. Pada tahun 2003, kapasitas hard disk yang beredar di pasaran berkisar antara 20 sampai dengan 40 GB.

Hard disk memiliki priringan metal yang dilapisi dengan bahan yang memungkinkan data dapat disimpan dalam bentuk titik-titik bermagnet. Data disimpan pada kedua permukaan. Piringan-piringan yang menyusun hard disk tersimpan rapat dalam hard drive. Tujuannya adalah untuk melindungi dari partikel debu atau benda kecil lain mengotori piringan sehingga tidak terjadi tabrakan antara head dan piringan, yang dapat menimbulkan kerusakan.

Gambar 1 memperlihatkan tumpukan piringan dan komponen- komponen yang lain. Pada gambar tersebut terdapat 11 piringan. Setiap piringan memiliki dua buah permukaan, atas dan bawah. Namun, perlu diketahui, permukaan atas pada piringan teratas dan permukaan bawah piringan terbawah tidak digunakan untuk menyimpan data. Dengan demikian, hanya terdapat 20 permukaan yang dipakai untuk menyimpan data.

Gambar terkait
Gambar 1 Tumpukan piringan pada hard disk.


Setiap permukaan dibagi atas sejumlah track. Track berupa lingkaran dalam piringan. Pada track inilah data disimpan. Track dibagi menjadi beberapa sektor (sector). Track yang terletak pada garis vertikal yan sama disebut silinder.

Hasil gambar untuk track hard disk
Gambar 2 Track.
loading...

Data dibaca atau ditulis melalui head baca/tulis. Ketika berlangsung perekaman atau pembacaan, head bergerak ke lokasi data dan melayang di atas piringan tanpa menyentuhnya. Kecepatan akses data pada piringan ditentukan oleh kecepatan putar piringan dan kecepatan lengan akses. Kecepatan putar piringan berkisar antara 3500 s/d 7000 rpm.

Hard disk dibedakan menjadi dua golongan, yaitu nonremovable hard disk dan removable hard disk.

1. Nonremovable hard disk
Nonremovable hard disk biasa disebut fixed disk karena memang diletakkan di dalam unit sistem dan tidak dimaksudkan untuk dibawa bepergian. Dalam prakteknya, pada saat ini umum dijumpai peranti yang memungkinkan hard disk diletakkan di luar unit sistem.

Gambar terkait
Gambar 3 Nonremovable Hard disk.


2. Removable hard disk
Removable hard disk adalah jenis hard disk yang hanya mengandung satu piringan atau dua piringan yang dilengkapi dengan head baca-tulis. Peranti seperti ini kadangkala disebut hard disk cartridge. Umumnya berkapasitas 2 GB. Sesuai dengan namanya, peranti sangat bermanfaat untuk dibawa bepergian; Misalnya untuk menyalin data yang besar dan dimaksudkan untuk disalinkan ke komputer lain. Dua produk seperti ini yang populer yaitu JazDisk dari Iomega dan SparQ buatan SyQuest.


Hasil gambar untuk Jaz Disk.

Gambar 4 Contoh removable hard disk: Jaz Disk.

Untuk mendukung kapasitas penyimpanan data yang sangat besar, yang belum bisa didukung oleh sebuah hard disk, terdapat teknologi yang disebut RAID. Dengan menggunakan teknologi yang disebut RAID (Redundant array of inexpensive disks), sejumlah hard disk berukuran kecil dapat digabungkan menjadi sebuah unit. Peranti RAID, yang dilengkapi dengan cip pengendali dan perangkat lunak yang khusus, memungkinkan pengiriman data melalui sejumlah lintasan secara serentak. Dampaknya, waktu akses piringan menjadi lebih cepat. Selain itu, RAID menawarkan kehandalan. Ketika sebuah disk drive rusak, drive yang lain akan mengambil alih peran drive yang rusak. Dalam hal biaya, harga peranti RAID lebih murah daripada biaya untuk membeli disk drive berukuran besar yang kapasitasnya sama dengan gabungan dari sejumlah disk drive. Teknologi ini mendukung penyimpan dengan kapasitas ratusan megabyte.

loading...
loading...

0 Comments


EmoticonEmoticon

loading...
loading...