loading...
loading...

Perangkat Lunak Aplikasi

loading...
loading...
Perangkat lunak biasa digunakan oleh pemakai untuk melakukan tugas-tugas yang spesifik seperti mengetik dokumen, memanipulasi foto, merancang rumah. Perangkat lunak aplikasi dapat digolongkan menjadi:

1. Perangkat lunak hiburan,
2. Perangkat lunak pendidikan,
3. Perangkat lunak produktivitas kerja,
4. Perangkat lunak bisnis,
5. Perangkat lunak khusus.

Perangkat lunak hiburan mencakup program-program permainan (game), program untuk memainkan musik (misalnya WinAmp), dan program untuk memainkan film (misalnya Xing).
Gambar 1 Windows Media Player merupakan perangkat lunak yang dapat dipakai untuk memutar lagu maupun film.

Perangkat lunak pendidikan berguna untuk mempelajari atau mereferensi sesuatu pengetahuan. Termasuk dalam kategori ini adalah program kamus, ensiklopedi, pelajaran ilmu pengetahuan, pelajaran bahasa asing, dan simulasi.

Adakalanya sebuah program menggabungkan kemampuan pen- didikan dan hiburan sekaligus. Perangkat lunak seperti ini biasa disebut edutainment. Banyak program untuk anak-anak yang mendukung unsur hiburan dan pendidikan. Mereka bisa bermain-main dengan komputer tetapi sekaligus belajar kata-kata atau mengenali benda.

Perangkat lunak bisnis digunakan untuk menangani aplikasi bisnis Misalnya berupa program untuk menangani persediaan barang (inventory control), pencatatan dan pembayaran piutang (accounts receivable), dan registrasi mahasiswa (sistem akademis).

Perangkat lunak produkivitas kerja berguna untuk meningkatkan produktivitas kerja pemakai. Beberapa golongan perangkat lunak untuk meningkatkan produktivitas kerja dicantumkan pada Tabel 1.

Tabel 1 Kategori perangkat lunak penunjang produktivitas keria.
Jenis
Keterangan
Word
processing
Untuk menciptakan dokumen ataupun membuat surat. Misalnya: Word dan AbiWord
Spreadsheet
Pengolah data dalam bentuk kumpulan sel, yang memungkinkan penghitungan secara dinamis. Contoh: Microsoft Excel dan StarOffice, Calc
Desktop
publishing
Menangani pembuatan buku, surat kabar, dan iklan Contoh: CorelDraw
Presentasi
grafik
Untuk membuat bahan-bahan presentasi dalam bentuk transparan atau untuk membuat diktat, dan sekaligus dapat dipakai sebagai alat untuk berpresentasi. Contoh: PowerPoint dan StarOffice Impress
Komunikasi
Berfungsi untuk melakukan komunikasi antarpemakai secara elektronis. Contoh: Microsoft Outlook dan Opera dapat digunakan untuk mengirim dan menerima surat elektronis
Personal Information
Manager
Mengelola informasi yang berhubungan dengan jadwal, tugas, data rekanan atau klien, dan keuangan
Manajemen
data
Untuk mencatat, memanipulasi, dan mengambil data/informasi

loading...
Di luar penggolongan di atas terdapat kelompok perangkat lunak produktivitas yang lain; misalnya yang tergolong sebagai pengolah statistika (Contoh SPPS dan MicroStat).

Perangkat lunak penunjang produktivitas kerja merupakan perangkat lunak aplikasi yang umum dipakai orang. Mengingat pentingnya perangkat lunak seperti ini, perangkat lunak ini dibahas lebih lanjut.
loading...

0 Comments


EmoticonEmoticon

loading...
loading...