loading...
loading...

Pengertian Mikrofon

loading...
loading...
Prinsip kerja mikrofon sebenarnya adalah pengubahan variasi tekanan udara karena adanya suara, menjadi variasi isyarat listrik. Ada beberapa jenis teknologi yang digunakan, yaitu:
  • Mikrofon karbon - Merupakan teknologi yang digunakan pada pesawat telepon pertama kali, sampai saat ini. Bubuk karbon yang diletakkan pada diafragma plastik atau metal yang tipis akan tergetar pada saat ada suara yang mengenai diafragma tersebut. Getaran pada karbon tersebut akan mengubah resistansi karbon yang kemudian akan mengubah-ubah kekuatan arus yang melaluinya.
  • Mikrofon dinamis - Mikropon jenis ini memanfaatkan efek elektromagnet. Getaran pada diafragma akan menggetarkan magnet atau kumparan sehingga menimbulkan arus listrik lemah.
  • Mikrofon pita - Pada mikropon ini sebuah pita tipis diletakkan pada suatu medan magnet. Suara yang menggetarkan pita akan dapat mengubah-ubah arus yang melaluinya.
  • Mikrofon kondesor - Merupakan mikropon yang memiliki sebuah kapasitor di dalamnya. Getaran suara akan dapat mempengaruhi lempeng kapasitor, sehingga dapat mengubałh kapasitansi dari kapasitor tersebut. Perubahan ini diperkuat sehingga dapat menciptakan isyarat yang dapat terukur. Mikropon jenis ini biasanya memerlukan sebuah baterai kecil untuk menimbulkan tegangan pada kapasitornya.
  • Mikrofon kristal - Mikropon jenis ini memanfaatkan suatu jenis kristal yang kandungan listriknya dapat berubah pada saat bentuknya berubah. Dengan menempelkan sebuah diafragma pada kristal tersebut akan membuat kristal menghasilkan isyarat listrik pada saat ada suara mengenai diafragma.
  • loading...
Guna memperoleh suara yang bersih, atau untuk keperluan-keperluan khusus, mikropon dapat dikelompokkan ke dalam jenis: omnidirectional, unidirectional, noise canceling, dan echo canceling.
1. Omnidirectional
Merupakan jenis mikrofon yang dapat merekam suara dari semua arah.
2. Unidirectional
Mikrofon jenis ini hanya menyerap suara dari satu arah dan tidak sensitif terhadap suara-suara yang ada di sekeliling lainnya.
3. Noise canceling
Merupakan mikrofon yang dapat menghilangkan gangguan suara pada latar belakang.
4. Echo canceling
Merupakan mikrofon yang dapat menghilangkan gema atau umpan balik yang muncul antara mikropon dengan pembicara.
Hasil gambar untuk Andrea NC-71 Noise Cancelling Microphone                        Hasil gambar untuk Mikrofon headset
(a) Andrea NC-71 Noise Cancelling Microphone (b) Mikropon plus headset dengan jalur USB
Hasil gambar untuk Mikrofon     Hasil gambar untuk Mikrofon     Hasil gambar untuk Mikrofon
Gambar 1 Berbagai contoh mikrofon.
loading...

0 Comments


EmoticonEmoticon

loading...
loading...