loading...
loading...

Jaringan Komputer: LAN, MAN, Dan WAN

loading...
loading...
Klasifikasi Jaringan Komputer Ditinjau dari rentang gepgrafis yang dicakup oleh suatu jaringan, jaringan biasa dibagi menjadi 3 jenis: LAN, MAN, dan WAN.

1. Local Area Network (LAN)
LAN adalah jaringan komputer yang mencakup area dalam satu ruang, satu gedung, atau beberapa gedung yang berdekatan. Sebagai contoh, jaringan dalam satu kampus yang terpadu atau di sebuah lokasi perusahaan tergolong sebagai LAN.
Hasil gambar untuk Jaringan lokal atau LAN
Gambar 1 Jaringan lokal atau LAN.
LAN umumnya menggunakan media transmisi berupa kabel (UTP, kabel koaksial, ataupun serat optik). Namun ada juga yang tidak menggunakan kabel dan disebut sebagai Wireless LAN (WLAN) atau LAN tanpa kabel. Kecepatan LAN berkisar dari 10 Mbps sampai 1 Gbps.

Menurut tipenya, LAN dapat berupa client/server atau peer-to-peer.
  • Client/server adalah suatu model jaringan yang memiliki client dan server. Client adalah komputer yang meminta layanan (bisa berupa data atau perangkat keras seperti printer), sedangkan server adalah komputer yang bertindak untuk melayani permintaan client. Fungsi server sendiri sebenarnya berupa perangkat lunak yang dijalankan pada perangkat keras yang umumnya berupa komputer. Beberapa contoh fungsi server yaitu file serverprint serverweb server, dan mail server. File server menangani berkas yang dapat diakses oleh client. Print server bertindak sebagai pengontrol printer yang dapat digunakan oleh clientWeb server menangani halaman-halaman Web yang dapat diakses oleh browser. Mail server menangani surat elektronis.
  • Peer-to-peer menyatakan model jaringan yang memberikan kedudukan yang sama terhadap semua komputer. Tak ada yang bertindak sebagai server ataupun client secara eksplisit. Oleh karena itu tidak ada media penyimpan yang bersifat global; dalam arti dipakai oleh sejumlah komputer. Pada model seperti ini. dua komputer dapat berhubungan secara langsung tanpa bergantung pada server. Model ini lebih murah daripada client/server, tetapi hanya dapat berjalan efektif kalau jumlah komputer tidak lebih dari 25 buah.
client/server dan peer-to-peer
Gambar 2 Perbedaan jaringan client/server dan peer-to-peer.
2. Metropolitan Area Network (MAN)
MAN adalah jaringan yang mencakup area satu kota atau dengan rentang sekitar 10-45 km. Jaringan yang menghubungkan beberapa bank yang terletak dalam satu kota atau kampus yang tersebar dalam beberapa lokasi tergolong termasuk sebagai MAN. Jaringan seperti ini umumnya menggunakan media transmisi dengan mikrogelombang atau gelombang radio. Namun, ada juga yang menggunakan jalur sewa (leased line).
Hasil gambar untuk jaringan MAN
Gambar 3 MAN - Jaringan dalam satu kota.
loading...

3. Wide Area Network (WAN)
Jaringan yang mencakup antarkota, antarprovinsi, antarnegara, dan bahkan antarbenua disebut dengan WAN. Contoh WAN adalah jaringan yang menghubungkan ATM (Anjungan Tunai Mandiri). Contoh lain adalah Internet.
Hasil gambar untuk Jaringan WAN)
Gambar 3 Jaringan berskala luas (WAN). Dapat mencaku antarkota, antarpulau, dan bahkan antarnegara.
loading...

0 Comments


EmoticonEmoticon

loading...
loading...