loading...
loading...

Tips Memilih Printer

loading...
loading...
Tips Memilih Printer
Setelah mengetahui keberadaan berbagai jenis printer yang bervariasi dalam harga dan kualitas beserta kelebihan dan kekurangannya, serta kenyataan bahwa berbagai jenis printer sering berganti seri, dan terkadang suatu seri cepat hilang dari pasar, akan lebih bijaksana untuk memilih printer yang paling sesuai dengan kebutuhan. Tip untuk melakukan hal ini adalah dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan seperti berikut:

Berapa "harga" per lembar cetakan Anda?
Nilai ini dapat Anda peroleh dengan menanyakan harga tinta yangdipergunakan serta kemampuan lembar pencetakan yang masih dapat diterima. Jenis printer yang paling murah biaya operasionalnya adalah printer impact, karena pita printerpun dapat diganti tanpa mengganti cartridge-nya. Tinta cartridge printer ink-jet dapat diisi ulang sehingga biaya operasional dapat ditekan. Printer yang meng- gunakan jenis kertas tertentu seperti printer thermal akan menaikkan biaya per lembar cetakan.

Apakah Anda akan sering menggunakan cetakan berwarna atau hitam saja?
Printer yang mampu mencetak dengan warna biasanya berharga lebih mahal. Biasanya keperluan cetak warna hanya sekitar 20% untuk pemakaian pribadi/perkantoran. Ada jenis printer yang memungkinkan pemakai memilih untuk mencetak menggunakan tinta hitam atau warna secara otomatis. Kelemahan printer jenis ini, biasanya tempat tinta hanya kecil, sehingga cartridge harus lebih sering diisi.

Apakah kualitas cetakan memang merupakan hal yang wajib Anda nomorsatukan?
Printer impact merupakan printer yang paling rendah kualitasnya, sedangkan printer laser merupakan printer yang paling tinggi kualitasnya. Jika kualitas merupakan hal yang sangat perlu Anda perhatikan - misal pada perusahaan-perusahaan percetakan, anda bisa memilih printer dengan dpi (dot per inch) tinggi.
loading...
loading...

Apakah ada jenis keluaran tertentu yang sering Anda perlukan?
Apakah Anda sering memerlukan untuk mencetak pada plastik transparan? Jika ya, maka pilihan printer ink-jet merupakan pilihan yang paling tepat. Apakah Anda sering memerlukan untuk mencetak dengan kertas ganda menggunakan karbon? Jika ya, maka Anda harus memilih printer impact.

Apakah kecepatan merupakan hal yang sangat perlu Anda perhatikan?
Printer yang dipasang untuk pemakaian bersama pada jaringan merupakan salah satu solusi untuk mengatasi harga printer yang mahal. Namun, baisanya printer jenis ini dikehendaki yang memiliki kecepatan pencetakan tinggi. Tergantung kepada seberapa besar/banyak orang yang akan memanfaatkan printer tersebut bersama-sama.

Bagaimana kemudahan mengoperasikan printer?
Termasuk dalam kategori ini adalah, bagaimana tingkat kesulitan dalam merawat, mengganti/mengisi tinta, mengatasi kemungkinan kertas macet dalam printer.

Bagaimana layanan purna jualnya?
Hal yang perlu diperhatikan adalah lama garansi dari printer tersebut dan garansi ditujukan untuk perawatan/penggantian terhadap spare part atau pada perbaikan saja.

Seberapa banyak keluhan atau kelebihan printer jenis tersebut dari orang-orang yang pernah memakainya?
Printer seri terbaru belum tentu lebih baik daripada seri yang terdahulu. Oleh karena itu, mencari informasi mengenai kehandalan suatu seri dari pemakai lain perlu kita lakukan.
loading...

0 Comments


EmoticonEmoticon

loading...
loading...