loading...
loading...

Perbandingan Kecerdasan Buatan dan Kecerdasan Manusia

loading...
loading...
Menurut Kaplan, sebagaimana diutarakan oleh Turban, McLean, dan Wetherbe, AI mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan dengan kecerdasan alami (kecerdasan manusia). Kelebihan AI adalah seperti berikut.
  • AI lebih bersifat permanen. Berbeda dengan AI, kecerdasan alami yang dipunyai seseorang tidak dapat disimpan. Ketika orang tersebut pindah kerja, pengetahuan yang dimilikinya ikut terbawa. AI lebih bersifat permanen karena tetap ada sepanjang sistem komputer dan program masih terpelihara
  • AI menawarkan kemudahan untuk digandakan dan disebarkanPemindahan pengetahuan dari satu orang ke orang lain memerlukan waktu yang panjang dan bahkan mungkin pengetahuan itu tidak dapat diduplikasi secara lengkap. Adapun pengetahuan dalam sistem komputer mudah sekali untuk disalin dan dipindahkan ke sistem lain.
  • AI dapat lebih murah daripada kecerdasan alami. Telah banyak dibuktikan bahwa biaya membeli jasa dengan komputer lebih murah daripada biaya untuk membiayai manusia yang melaksanakan tugas yang sama.
  • AI bersifat konsisten dan teliti. Hal ini berbeda dengan manusia yang sering tak menentu atau tidak konsisten.
  • loading...
  • AI dapat didokumentasi. Keputusan yang dibuat oleh komputer dapat didokumentasi dengan mudah dengan cara mencatat semua kegiatan yang dilakukan sistem. Kecerdasan alami sulit untuk didokumentasi. Sebagai contoh, seseorang bisa jadi melakukan penyimpulan, tetapi pada saat yang lain mungkin tidak dapat melakukan kembali proses penalaran yang membimbingnya ke kesimpulan ataupun mengingat kembali asumsi-asumsi yang mendasari keputusan.
loading...

0 Comments


EmoticonEmoticon

loading...
loading...