loading...
loading...

Pengertian Dan Cara Kerja Printer Laser

loading...
loading...
Printer Laser merupakan jenis printer yang harganya relatif mahal, tetapi dapat memberikan hasil cetakan yang terbagus. Printer yang dirancang untuk mainframe memiliki kecepatan sekitar 229 halaman per menit. Sedangkan printer untuk PC memiliki kecepatan sekitar 4 sampai dengan 25 halaman per menit.
Hasil gambar untuk HP Color LaserJet 4600
HP Color LaserJet 4600

Hasil gambar untuk Minolta Magicolor 3100
Minolta Magicolor 3100
Hasil gambar untuk Xerox Phaser 6200DP
Xerox Phaser 6200DP

Gambar 4 Contoh printer laser.

Beberapa jenis printer laser dikenal sebagai printer Postscript. Postscript adalah bahasa printer yang dikembangkan oleh Adobe Systems yang memungkinkan tulisan diskalakan (dibuat lebih besar atau lebih kecil) atau bahkan diputar dan memungkinkan gambar dicetak pada printer laser.

Cara Kerja Printer Laser
Hasil gambar untuk Cara Kerja Printer Laser
loading...
loading...

  • Drum photoreceptor yang merupakan inti dari peranti ini diberi muatan listrik positif oleh kabel corona. Drum ini terbuat dari bahan fotokonduktif yang mudah termuati listrilk statis dan muatan tersebut dapat hilang terpengaruh oleh cahaya.
  • Komputer mengendalikan sinar laser yang sangat presisi untuk membuat muatan listrik pada drum photoreceptor menjadi negatif di tempat-tempat tertentu. Muatan listrik pada drum photoreceptor tersebut kemudian didekatkan dengan toner, melalui developer toner yang telah diberi muatan positif. Karena bermuatan positif, maka bubuk toner hanya akan melekat pada bagian "tulisan" yang bermuatan negatif saja.
  • Bubuk toner kemudian dipindahkan ke kertas yang melewatinya, karena kertas telah diberi muatan negatif yang lebih besar daripada drum photoreceptor. Pemberian muatan listrik pada kertas dilakukan oleh kabel-kabel corona (atau roller) dibawahnya.
  • Kertas kemudian dilewatkan pada fuserFuser akan memanasi kertas sedemikian rupa sehingga bubuk toner meleleh dan melekat erat di kertas.
  • Permukaan drum photoreceptor yang telah menempelkan bubuk toner pada kertas, kemudian dihilangkan muatan listriknya dengan cara dilewatkan pada lampu discharge.
loading...

0 Comments


EmoticonEmoticon

loading...
loading...