loading...
loading...

Pengertian Multiprosesor

loading...
loading...

Pada beberapa sistem komputer, jumlah presesor yang didukung bisa lebih dari satu. Pada saat ini sebuah PC-pun bisa mengandung 2 sampai dengan 4 prosesor, sedangkan workstation dapat memiliki hingga prosesor. Bahkan, superkomputer IBM yang digunakan pada Departemen Energi Amerika Serikat memiliki 8192 prosesor yang bekerja secara tandem dan dapat menjalankan 10 trilyun perhitungan per detik (Turban, McLean, dan Wetherbe, 1999).

Sistem multiprosesor seringkali dibedakan menjadi: SMP, prosesor vektor, prosesor paralel, dan MMP.
  • SMP (Symmetric Multiprocessor) merupakan sistem multiprosesor dengan masing-masing prosesor bekerja secara sendiri-sendiri (tidak saling bergantung). Pada sistem ini, sebuah CPU bisa jadi sedang menangani suat proses misalnya sedang mengolah lembar kerja dan CPU yang lain sedang melakukan proses gralfis.
  • loading...
  • Prosesor vektor menyatakan suatu sistem multiprosesor dengan masing-masing prosesor dapat bekerja secara serentak dalam menangani proses perhitungan vektor.
  • Prosesor paralel menyatakan sistem yang memiliki sejumlah prosesor dan memiliki karakteristik sebagai berikut:
           1. Tak ada prosesor yang bertindak sebagai prosesor utama.
           2. Sejumlah prosesor tidak selalu mengerjakan operasi yang sama dalam waktu yang sama.

Dengan menggunakan prosesor paralel, bagian-bagian dari sebuah program dapat dikerjakan oleh prosesor-prosesor yang berbeda. Penanganan aktivitas prosesor yang melakukan proses ditangani oleh program. Prosesor jenis ini biasa digunakan pada supercomputer.

Prosesor paralel masif (Massively Parallel Processor atau MPP) adalah sistem yang mengandung ratusan atau bahkan ribuan prosesor yang dapat saling berinteraksi dengan pendekatan jaringan saraf Prosesor seperti ini sudah diterapkan dalam bisnis. Salah satu penggunanya adalah Wal-Mart (Laudon dan Laudon, 1998).



Gambar 1 Perbedaan prosesor paralel dan prosesor paralel masif.

loading...

0 Comments


EmoticonEmoticon

loading...
loading...