loading...
loading...

Cara Kerja Prosesor

loading...
loading...

CPU terdiri atas dua bagian utama yang dinamakan unit kontrol dan ALU (Arithmetic and Logic Unit).

  • Unit kontrol berfungsi untuk mengendalikan seluruh komponen dalam sistem komputer, seperti layaknya otak manusia yang mengontrol seluruh saraf dalam tubuh sehingga seluruh anggota tubuh dapat digerakkan atau dikendalikan. Pengendalian yang dilaksanakan oleh unit ini didasarkan pada instruksi-instruksi yang terdapat pada program komputer. Setiap instruksi diterjemahkan ke dalam bentuk tindakan yang sesuai dengan maksud instruksi bersangkutan.
  • Unit aritmetika dan logika berperan dalam melaksanakan operasi- operasi perhitungan (aritmetika) seperti pengurangan, penjumlahan, dan pengalian maupun operasi pembandingan (logika) seperti membandingkan suatu nilai bernilai nol atau tidak.

Selain kedua komponen tersebul, CPU memiliki sejumlah register. Register adalah memori dalam CPU yang mempunyai kecepatan sangat tinggi, yang digunakan untuk berbagai operasi dalam CPU. Tipe register bermacam-macam, antara lain yaitu register instruksi, register alamat dan register akumulator.
Gambar 1 CPU dan memori.


Untuk melakukan suatu operasi terhadap data yang berada dalam memori utama, data mula-mula disalin dari memori ke register dalam CPU. Unit kontrol yang menangani hal ini. Pengertian data dalam konteks ini bisa berarti perintah atau data. Selanjutnya data diterjemahkan dan diproses. Jika terdapat operasi aritmetika atau logika, ALU segera mengambil alih peran tersebut. Hasil sementara pemrosesan akan ditaruh pada akumulator dan setelah itu baru dikirimkan ke memori utama. Mekanisme seperti itu dapat dituangkan dalam bentuk algoritma (urutan proses) seperti berikut:

1. MUAT nilai dari memori ke sebuah register.
2. MUAT nilai dari memori lain ke register yang lain.
3. JUMLAHKAN kedua nilai dan hasilnya berada dalam akumulator.
4. SIMPAN isi akumulator ke dalam suatu memori.
5. Selesai.

loading...

0 Comments


EmoticonEmoticon

loading...
loading...