loading...
loading...

Peranan Tegnologi Informasi Dalam Dunia Medis

loading...
loading...
Teknologi informasi juga diaplikasikan pada bidang medis. Banyak umah sakit yang menggunakan sistem informasi untuk menangani transaksi yang berhubungan dengan karyawan, juru medis, dan pasien Sebagai contoh, sistem informasi digunakan untuk mencatat rekaman medis pasien secara elektronis. Sistem informasi terkadang diperluas tidak hanya untuk pemakai internal, melainkan juga untuk pemakai eksternal (pengunjung). Untuk mencari informasi tentang seorang pasien (misalnya apakah si pasien masih menginap di rumah sakit atau tidak. serta ada di kamar mana), pengunjung dapat berinteraksi secara langsung dengan terminal yang disediakan untuk keperluan itu. Dengan mengetikkan sepenggal nama, sistem informasi akan segera menyajikan informasi tentang pasien yang memenuhi kriteria pencarian.

Teknologi Informa juga diterapkan pada peralatan-peralatan medis. misalnya pada CT scan (Computer Tomography). CT scan adalah peralatan yang mampu memotret bagian dalam dari seseorang tanpa dilakukan pembedahan, yakni dengan menggunakan teknologi sinar X. Prinsip kerja alat ini adalah seperti berikut. Seseorang yang hendak diamati ditidurkan dalam rongga silinder panjang. Di dalam silinder tersebut terdapat sumber sinar X yang akan memancarkan sinar X pada bagian tubuh yang akan diperiksa. Di sisi seberang dalam silinder terdapat sejumlah detektor yang akan memantau pancaran sinar X dan melakukan kalkulasi secara matematis. Silinder diputar sehingga sumber sinar X dan detektor ikut berputar. Alhasil, akan didapatkan hasil semacam yang terlihat pada gambar berikut.



Gambar 1 Prinsip CT scan yang digunakan untuk memotret potongan tubuh manusia.


Mycin merupakan contoh sistem pakar yang digunakan untuk membantu juru medis mendiagnosis penyakit darah yang cepat menular dan kemudian dapat memberikan saran berupa penggunaan antibiotik yang sesuai. Sistem ini telah diterapkan di Stanford Medical Center semenjak tahun 1979 (Horn, 1986). Sistem pakar adalah perangkat lunak tujukan untuk meniru keahlian seseorang dalam bidang tertentu. Sejumlah sistem pakar lain yang berhubungan dengan penyakit yaitu Onconcin untuk membantu diagnosis penyakit kanker dan Puff untuk mendiagnosis kelainan paru-paru

Hasil gambar untuk hasil ct scan

Gambar 2 Contoh potongan otak hasil dari CT scan
loading...

0 Comments


EmoticonEmoticon

loading...
loading...