loading...
loading...

Perbedaan Organisasi Komputer & Arsitektur Komputer

loading...
loading...
Organisasi Komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit-unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun arsitektural antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal-sinyal kontrol. sistem komputer dalam merealisasikan aspeknya. Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, dan sinyal-sinyal kontrol.

Arsitektur Komputer lebih cenderung pada kajian atribut-atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. Contohnya, set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O. Sebagai contoh apakah suatu komputer perlu memiliki instruksi pengalamatan pada memori merupakan masalah rancangan arsitektural. Apakah instruksi pengalamatan tersebut akan diimplementasikan secara langsung ataukah melalui mekanisme cache adalah kajian organisasional.

Perbedaan Utama: 
Organisasi Komputer
Bagian yang terkait erat dengan unit-unit operasional. Contoh: teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal-sinyal kontrol

Arsitektur Komputer
Atribut-atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. Contoh: set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O

Organisasi VS Arsitektur
Ilustrasi, perbedaan antara arsitektur dan organisasi, pabrik komputer menawarkan sekelompok model komputer, yang semuanya memiliki arsitektur yang sama tetapi dengan organisasi yang berbeda Akibatnya, model - model yang berbeda akan memiliki harga dan karakteristik kinerja yang berbeda. Selain itu suatu arsitektur dapat bertahan selama bertahun - tahun dan meliputi sejumlah model komputer yang berbeda, namun organisasinya dapat berubah ubah sesuai seiring dengan perkembangan teknologi.


loading...

0 Comments


EmoticonEmoticon

loading...
loading...