loading...
loading...

Jenis-Jenis Komputer Berdasarkan Ukuran

loading...
loading...
1. Superkomputer
Superkomputer Adalah jenis komputer yang mempunyai kecepatan proses paling hebat. Biasa digunakan untuk menangani aplikasi yang melibatkan perhitungan yang kompleks, misalnya untuk peramalan cuacadan perancangan roket.

Superkomputer yang terkenal adalah Cray (Cray Research, Inc.). Selain perusahaan Cray, IMB juga turut berkiprah, IMB ASCI White (Accelerated Strategies Computinf Initiative White) merupakan superkomputer buatan IMB yang dipasang di Lawrence  Livermore Laboratory, Livermore, California, yang digunakan untuk melakukan simulasi pengujian nuklir pada Departemen Energi Amerika Serikat. Komputer ini memiliki 8192 prosesor Power3 dan dapat memproses 12,3 trilyun instruksi per detik, memakan tempat seluas 1200 kaki kuadrat (William dan Sawyer, 2003).

Pada tahun 2002, IMB ASCI White atau yang juga disebut "Pasific Blue" merupakan superkomputer tercepat didunia. Adapun superkomputer tercepat kedua dibangun oleh Intel yang dipasang diSandia National Laboratory, New Mexico. Superkomputer ini tersusun atas 9152 prosesor Pentium P6 dengan kecepatan lebih dari 1,3 trilyun instruksi per detik.

Hasil gambar untuk superkomputer IBM ASCI white

Gambar 1 Superkomputer IBM ASCII White


2. Mainframe
Mainframe merupakan jenis komputer yang digunakan pada perusahaan berskala besar untuk menangani pemroses data dengan volume yang sangat besar.

Perusahaan komputer yang menjadi pemain utama pada kelas ini adalah IBM, Fujistu dan Unisys. COntoh mainframe yang terkenal yaitu IBM S/390 Parallel Enterprise Server.

Hasil gambar untuk mainframe IBM

Gambar 2 Mainframe IBM


3. Minikomputer
Minikomputer seringkali disebut sistem Midrange, biasa digunakan pada perusahaan berskala menengah sebagai server. Vendor-vendor terkenal yang memproduksi jenis komputer ini antara lain DEC, IBM, Hewlett Packard, dan Data General. Contoh yang terkenal dan banyak digunakan pada perbankan adalah IBM AS/400.
Gambar terkait
Gambar 3 Aneka IBM AS/400


4. Workstation
Istilah workstation seringkali membingungkan. Pada sistem yang menggunakan Novell Netware, workstation berarti PC yang berkedudukan sebagai client. Namun pengertian workstation sebagai jenis komputer bukanlah seperti dalam pengertian tersebut. Workstation adalah jenis komputer yang lebih ampuh daripada kebanyakan PC. Awalnya workstation dirancang untuk memenuhi aplikasi perancang berbasis grafis seperti CAD, tetapi belakangan juga banyak dipakai sebagai server dalam client/server

Hasil gambar untuk workstation RS/6000
Gambar 4 Workstation RS/6000 44P Model 270 (IBM). Mirip seperti PC, tetapi
mendukung memori sampai 8 Gigabyte, sedangkan memori PC masih dibawah
1 Gigabyte


5. Mikrokomputer
Mikrokomputer lebih dikenal dengan sebutan PC (Personal Computer) atauu komputer pribadi. Mikrokomputer sendiri dapat debedakan menjadi desktop PC, tower PC, notebookpalmtop, dan PDA.

  • Desktop PC adalah jenis PC yang berukuran besar yang umum digunakan pada rumah atau kantor, dengan case (kotak CPU) dalam posisi tertidur dan biasa diletakkan siatas meja. Itulah sebabnya dinamakan desktop PC.
  • Tower PC adlah PC dengan case dalam keadaan berdiri (seperti menara). Umumnya kotak CPU diletakkan disamping atau dibawah kolong meja.
  • Laptop adalah jenis mikrokomputer yang mudah untuk dibawa berpergian.
  • Notebook (mini-laptop) memiliki sifat seperti laptop. Hanya saja ukurannya sedikit lebih kecil daripada laptop. Secara fisik laptop dan notebook seringkali sulit dibedakan. Dalam beberapa artikel, laptop dianggap sama dengan notebook.
  • Palmtop atau biasa disebut handheld PC (PC genggam) adalah komputer berukuran kecil, seingga dapat diletakkan diatas tangan.
  • PDA (Personal Digital Assistant) adalah jenis komputer genggam yang menggunakan pena sebagai pengganti keyboard. Beberapa PDA juga telah dilengkapi dengan keyboard mini yang dapat dilipat. PDA bisa berfungsi seperti buku catatan yang mencatat janji ataupu telepon. Perkembangan terakhir PDA juga dilengkapi dengan perangkat lunak tertentu dan dapat digunakan untuk melakukan koneksi ke internet. Pada beberapa artikel, PDA juga dianggap sebagai palmtop.
Perusahaan yang terkenal sebagai produsen PC antara lain yaitu Dell, Compac, dan Acer.

6. Mikrokomputer
Mikrokomputer atau sering juga disebut Embedded Computer adalah mikroprosesor khusus yang berukuran kecil yang biasa dipasang pada peralatan-peralatan elektronis cerdas, mobil, dan  barang yang lain (misalnya lift). Mikroprosesor ini membuat peralatan dapat diprogram.

perusahaan yang terkenal memproduksi mikrokontroller adalah Motorola dan Texas Instrument.
loading...

0 Comments


EmoticonEmoticon

loading...
loading...