loading...
loading...

Macam-Macam Aplikasi Telekomunikasi

loading...
loading...
1. ATM
ATM telah menjadi mesin yang umum dijumpai di Indonesia. Banyak bank yang telah menggunakan ATM sebagai sarana untuk memudahkan para nasabah mengambil uang. Dengan menggunakan alat ini, pengambilan uang dapat dilakukan kapan saja.
Hasil gambar untuk mesin ATM
Gambar 1 ATM memudahkan pengambilan uang.

2. Telekonferensi

Telekonferensi, atau yang juga dikenal dengan sebutan video-konferensi, adalah suatu sarana yang memungkinkan sejumlah orang saling bercakap-cakap dan bertatap muka melalui komputer. Dengan memanfaatkan teknologi Internet, videokonferensi mudah sekali untuk diimplementasikan. Masing-masing pihak yang hendak berkomunikasi cukup duduk menghadap komputer yang telah dilengkapi dengan kamera yang dinamakan webcam.

Hasil gambar untuk Video Konferensi
Gambar 2 Video konferensi memungkinkan komunikasi dan tatap muka dilakukan dalam jarak jauh.
3. Komputasi Grup Kerja
Komputasi grup kerja (workgroup computing), atau juga dinamakan komputasi kolaboratif, adalah grup pekerja yang memakai komputer yang terhubung dalam jaringan untuk berdiskusi digunakan oleh pihak suatu masalah. Teknologi seperti ini umum digunakan oleh pihak manejemen perusahaan untuk melakukan rapat virtual (rapat yang diadakan dengan masing-masing pihak berada dalam ruangan terpisah) guna melakukan pengambilan keputusan. Hal seperti ini mudah direalisasikan dengan bantuan perangkat lunak yang dinamakan  groupware (misalnya Lotus Notes dan MS NetMeeting).
Komputasi Grup Kerja
Gambar 3 Model grup kerja yang mengumpul dalam suatu ruangan per lokasi dan bisa saling berinteraksi.
4. Telecommuting
Telecommuting berarti bekerja yang dilakukan tidak dalam kantor. Seseorang dapat bekerja di rumah atau bahkan di dalam mobil yang terus berpindah. Model kerja seperti ini mulai umum dilakukan, terutama pada jenis pekerjaan yang tidak memerlukan orang untuk datang ke kantor (misalnya wartawan yang sedang memburu berita) atau pada jenis pekerjaan yang memang tidak mungkin dilakukan di kantor (misalnya pemrogram, yang membuat program komputer).

Telecommuting
Gambar 4 Telecommuting memungkinkan seseorang dapat bekerja di mana saja; Tidak harus dalam kantor.

loading...
5. EDI
EDI (Electronic Data Interchange) merupakan suatu sistem yang memungkinkan data bisnis seperti dokumen pesanan pembelian dari suatu perusahaan yang telah memiliki sistem informasi dikirimkan ke perusahaan lain yang juga telah memiliki sistem informasi.

EDI (Electronic Data Interchange)
Gambar 5 Contoh yang memperlihatkan manfaat EDI yang diterapkan antara dua buah pihak.
loading...

0 Comments


EmoticonEmoticon

loading...
loading...