loading...
loading...

FDM Dan TDM

loading...
loading...
1. FDM 
FDM (Frequency-division multiplexing) diterapkan pada media komunikasi yang broadband (jalur-lebar), yaitu media komunikasi yang memungkinkan sejumlah saluran dibentuk. Melalui teknik ini data, video, dan suara dapat dilewatkan ke media transmisi secara serentak. 
Teknik FDM
Gambar 1 Teknik FDM.
2. TDM
TDM (Time-division multiplexing) biasa digunakan pada media transmisi yang memiliki sifat baseband (jalur-sempit), yaitu media transmisi yang hanya memiliki satu jalur. Pada transmisi seperti ini, setiap peranti yang berkomunikasi mendapat slot waktu yang digunakan untuk mengirimkan data. Sebagaimana terlihat pada Gambar 2, data masing-masing komputer mengalir pada media transmisi secara bergantian.
Teknik TDM
Gambar 2 Teknik TDM.
Dalam prakteknya. TDM dan FDM juga dapat dikombinaksikan pada media transmisi broadband.

Peranti yang digunakan untuk multiplexing dapat berupa: front-end processor, multiplexer, dan concentrator.
  • Front-end processor berupa suatu komputer yang ditujukan secara khusus untuk pengelolaan komunikasi dan dipasangkan ke komputer utama (host) pada sistem mainframe.
  • Multiplexer adalah peranti yang memungkinkan sebuah media transmisi dapat dipakai untuk melewatkan data oleh sejumlah sumber secara serentak.
  • Concentrator adalah komputer yang digunakan untuk mengumpulkan dan menyimpan pesan pesan secara sementara yang berasal dari sejumlah terminal sampai pesan-pesan tersebut siap untuk dikirimkan secara serentak ke host.
loading...

Model komunikasi
Gambar 3 Model komunikasi pada sistem yang besar.
loading...

0 Comments


EmoticonEmoticon

loading...
loading...