loading...
loading...

Bidang Artificial Intelligence: Agen Cerdas

loading...
loading...
Agen cerdas (intelligent agent) kian populer seiring dengan perkembangan Internet. Namun, pengertian agen cerdas tidak harus selalu terkait dengan Internet. Perlu diketahui, berbagai nama lain yang juga menyatakan agen cerdas yaitu software agent, wizard, knowbot, dan softbot.

Sebelum memahami makna agen cerdas, ada baiknya mengenal terlebih dulu makna agen. Russel dan Norvig mendefinisikan agen sebagai Segala sesuatu yang dapat dipandang menangkap lingkungannya melalui sensor dan bertindak terhadap lingkungan melalui efektor." Sensor adalah bagian yang merangsang tindakan agen, sedangkan efektor adalah bagian yang digunakan oleh agen untuk melakukan tindakan. Jika dikaitkan dengan agen manusia, yang dimaksud dengan sensor antara lain adalah mata dan telinga, sedangkan efektor antara lain berupa tangan, lengan, dan mulut. Pada agen berupa robot, kamera atau inframerah bertindak sebagai sensor dan motor berfungsi sebagai efektor.
Agen berinteraksi dengan lingkungan melalui sensor dan efektor
Gambar 1 Agen berinteraksi dengan lingkungan melalui sensor dan efektor.
Agen yang berupa perangkat lunak, atau biasa disebut agen cerdas, adalah perangkat lunak yang dapat bertindak seperti orang yang mampu berinteraksi dengan lingkungan. Agen seperti ini telah banyak digunakan pada pelbagai keperluan. Contoh:
  • Agen sistem operasi
  • Agen spreadsheet
  • Agen perdagangan elektronis
Agen sistem operasi digunakan untuk membantu penggunaan sistem operasi. Contoh, Microsoft memiliki sejumlah agen yang dinamakan Wizard pada sistem operasi yang dibuatnya; misalnya Windows NT. Agen ini digunakan antara lain untuk menambah nama pemakai, mengelola grup pemakai, dan manajemen berkas.

Agen spreadsheet digunakan untuk membuat program spreadsheet menjadi lebih mudah digunakan oleh pemakai. Contoh, Office Assistant pada Excel dapat "mengamati" pemakai dan jika terjadi sesuatu yang dipandang perlu untuk dibantu, agen cerdas ini akan memberikan saran.
Contoh Office Assistant yang memberikan saran ketika pemakai salah menulis rumus
Gambar 2 Contoh Office Assistant yang memberikan saran ketika pemakai salah menulis rumus.
Agen untuk perdagangan elektronis digunakan untuk membantu pemakai yang akan melakukan belanja secara online. Perangkat lunak seperti ini dapat membantu pemakai dengan berbagai cara berikut.
1. Membantu pemakai menentukan produk yang dibeli.
2. Mencarikan spesifikasi dan mengkajinya.
3. Membuat rekomendasi.
4. Membandingkan belanjaan untuk mendapatkan harga terbaik untuk produk yang dikehendaki.
5. Mengamati dan mengenalkan kepada pemakai penawaran dan diskon khusus.

loading...
Berbagai aplikasi yang lain antara lain untuk menyortir surat elektronis dan mengamati hasil pertandingan suatu olahraga tertentu (misalnya sepakbola) dari berbagai situs Web dan kemudian melaporkan hasilnya dalam bentuk surat elektronis ke para anggota yang menginginkan hasil tersebut.
loading...

0 Comments


EmoticonEmoticon

loading...
loading...