loading...
loading...

Penjelasan CD (Compact Disc) Atau Laser Optical Disk Lengkap

loading...
loading...
CD (compact disc) atau laser optical disk merupakan jenis piringan optik yang pertama kali muncul. Pembaca dan penulisan data pada piringan ditangani melalui sinar laser Oleh karena itu kecepatan akses piringan optis jauh lebih tinggi daripada disket.

Macam CD yaitu CD-ROM, CD-WORM, CD-Rewritable.
  • CD-ROM (Compact disk read-only memory) adalah jenis piringan optik yang mempunyai sifat hanya bisa dibaca. Biasa dibuat oleh vendor untuk membuat produksi massal seperti untuk menampung buku, ensiklopedi, materi multimedia, atau program. Sebagai contoh, CD-ROM berukuran 4,72 inci dapat menampung hingga 640 megabyte data atau ekivalen dengan kira-kira 300.000 halaman teks.
  • Berbeda dengan CD-ROM, CD-WORM (Write once read manydapat ditulisi melalui komputer. Sesuai dengan namanya, perekaman hanya bisa dilakukan sekali. Sesudah perekaman, isinya tak dapat diubah. CD ini berguna untuk menyimpan dokumen, rancangan gambar, lagu, dan lain-lain yang dimaksudkan sebagai cadangan. CD ini sering dijual dengan label CD-R (CD-Recordable).
Hasil gambar untuk CD dan CD drive.
Gambar 1 CD dan CD drive.
  • CD-Rewritable (CD-RW) memungkinkan data yang sudah ada pada piringan dihapus dan diganti dengan data yang baru. Prinsip kerja Cd ini sebagai berikut.
  1. Menggunakan panas laser untuk menghapus permukaan rekaman.
  2. Menggunakan kombinasi laser dan teknologi magnetik untuk menulis ke permukaan rekaman.
  3. Membaca data melalui sinar laser.
Cara Pembacaan CD
CD dibaca melalui cahaya laser berdaya rendah. Dalam hal ini, cahaya laser tersebut meraba permukaan piringan. Pemukaan piringan memiliki dua keadaan. Keadaan pertama disebut land atau bagian yang menonjol, yaitu keadaan yang menyatakan bit 1. Keadaan kedua disebut pit, berupa cekungan kecil yang menyatakan bit 0. Ketika cahaya laser menyentuh land, cahaya tersebut dipantulkan kembali ke sumber laser dan diterjemahkan sebagai bit 1. Namun saat cahaya laser mencapai pit, cahaya tersebar dan sumber cahaya menerjemahkannya menjadi bit 0.
loading...
loading...

0 Comments


EmoticonEmoticon

loading...
loading...