loading...
loading...

Macam-Macam Perangkat Lunak Sistem

loading...
loading...
Perangkat lunak sistem (kadangkala disebut perangkat lunak pendukung atau support software) adalah program yang digunakan untuk mengontrol sumber daya komputer, baik yang bersifat internal (misalnya RAM) maupun eksternal (misalnya printer). Kedudukan program ini umumnya sebagai perantara antara program aplikasi dan perangkat keras komputer. Itulah sebabnya peran program sistem kadangkala tidak terlihat secara langsung. Adapun yang tampak secara langsung seperti perangkat lunak aplikasi yaitu utilitas.

Hubungan pemakai, program, dan perangkat keras
Gambar 1 Hubungan pemakai, program, dan perangkat keras.
Perangkat lunak sistem dapat berupa:
1. Sistem operasi               [read more(lengkap)]
2. Utilitas                             [read more (lengkap)]
3. Device driver                 [read more(lengkap)]
4. Penerjemah bahasa     [readmore (lengkap)]

Penjelasan Singkat: 
1. Sistem operasi adalah perangkat lunak dasar yang berfungsi sepenuhnya untuk mengendalikan sistem komputer. Windows, UNIX, dan Linux merupakan contoh sistem operasi.
2. Utilitas adalah program yang dipakai secara langsung oleh pemakai untuk melakukan kegiatan yang berhubungan dengan pengendalian atau pengalokasian sumber daya dalam sistem komputer. ScanDisk pada Windows ataupun tar pada UNIX dan Linux merupakan contoh utilitas.
3. Device driver
 adalah program yang berfungsi untuk membantu komputer mengendalikan peranti-peranti peripheral. Sebagai contoh, jika Anda menghubungkan printer ke komputer, biasanya Anda perlu menginstal program bawaan printer agar komputer bisa mengenali printer tersebut. Program seperti itulah yang disebut device driver.
4. Penterjemah bahasa (language translator) adalah program yang menterjemahkan program yang dibuat oleh pemrogram menjadi bentuk yang dapat dijalankan oleh komputer secara langsung.

loading...
loading...

0 Comments


EmoticonEmoticon

loading...
loading...