loading...
loading...

Macam-Macam Penyimpan Eksternal

loading...
loading...
Penyimpan eksternal (secondary storage atau external storage) adalah peranti yang dapat menyimpan data secara permanen. Data tidak hilang ketika komputer dimatikan. Sejauh ini terdapat beraneka ragam penyimpan eksternal. Pita magnetik, hard disk, disket, dan CD-ROM merupakan sebagian contoh penyimpan eksternal. Kartu memori merupakan contoh penyimpan eksternal lainnya yang biasa digunakan pada PDA dan juga pada kamera digital.

Beberapa jenis penyimpan eksternal mendukung operasi baca dan tulis. Hard disk dan disket merupakan contoh penyimpan eksternal seperti itu. Namun ada juga penyimpan eksternal yang hanya bisa ditulis sekali; misalnya CD-WORM. Gambar 5.1 memperlihatkan berbagai jenis penyimpan eksternal.

Penyimpanan Eksternal:
1. Pita magnetik
    - Reel tape
    - Tape cartridge
2. Hard disk
    - Nonremovable hard disk
    - Removable hard disk
3. Floppy disk
4. Zip disk
5. Piringan optik
    - CD
    - DVD
Gambar 1 Berbagai macam penyimpan eksternal.


Peranti penyimpanan eksternal sebenarnya mencakup dua bagian, yaitu media tempat penyimpanan itu sendiri dan peranti untuk membaca atau menulis ke media tersebut. Peranti untuk membaca atau menulis ini disebut drive. Sebagai contoh, media floppy disk memerlukan peranti floppy disk drive.
loading...

Hasil gambar untuk floppy disk drive

Gambar 2 Floppy disk dan floppy disk drive.
loading...

0 Comments


EmoticonEmoticon

loading...
loading...