loading...
loading...

Touchtone Atau DTMF (Dual Tone Multi Frequency)

loading...
loading...
Touchtone atau sering disebut DTMF (Dual Tone Multi Frequencyadalah peranti yang dapat menerima masukan yang berasal dari telepon untuk memasukkan informasi atau perintah. Pada prakteknya, touchtone tidak bekerja sendirian, tetapi dirangkai dengan peranti-peranti lain guna mengendalikan atau menjalankan suatu makro komputer secara otomatis atau dari jarak jauh.

Contoh pemanfaatan touchtone yaitu untuk membentuk fasilitas layanan informasi saldo rekening pada bank. yang memungkinkan nasabah menekan tombol tertentu, memasukkan nomor rekening, dan kemudian akan mendapat informasi suara yang memberitahukan jumlah saldo rekening.

Penerapan lebih luas pada sistem touchtone ini misalnya pada registrasi mahasiswa, sehingga dapat mengurangi biaya interlokal maupun jumlah tenaga administrasi, seperti yang diterapkan oleh Orange
Coast College, California. Bahkan peranti touchtone dapat dimanfaatka untuk membantu proses jual beli saham sebagaimana dimanfaatkan pada Bidwell & Company (www.bidwell.com) dan Firstrade Securities, Inc (www.firstrade.com). Touchtone memungkinkan proses jual beli saham ini dilakukan selama 24 jam dalam sehari.
loading...

Penerapan lebih lanjut adalah pada Activehome (www.activehome.com) yang menggunakan media telpon untuk wengendalikan berbagai fasilitas dalam rumah seperti kunci rumah, lampu penerangan, mesin pembuat kopi, TV, VCR, DVD Plavermengawasi suasana di sekitar atau di dalam rumah lewat video kamera XCam2Biasanya fasilitas ini diaktifkan bersama dengan RFID (Radio frequency Identification Device) yang akan dibahas di belakang.
Hasil gambar untuk XCam2
Gambar 2 XCam2, Contoh peranti-peranti yang dapat terhubung dengan
touchtone, pada Activehome.
loading...

0 Comments


EmoticonEmoticon

loading...
loading...