loading...
loading...

Perkembangan Komputer di Masa Mendatang

loading...
loading...
Komputer di masa mendatang bisa jadi berbeda dengan komputer pada masa kini. Hal ini disebabkan adanya pengembangan prosesor ke berbagai arah. Tabel 1 memperlihatkan beberapa kemungkinan tentang hal itu. (William dan Sawyer, 2003 dan Turban, dkk., 1999).

Tabel 1 Arah komputasi masa depan.
loading...
Jenis
Keterangan
Cip DSP
Cip DSP (Digital Signal Processing) merupakan jenis cip yang ditujukan secara khusus untuk menangani pemrosesan suara dan video dengan kemampuan pemanipulasian yang sangat cepat. Di masa mendatang cip seperti ini bisa jadi digunakan dalam komputer, misalnya untuk membantu system pendengaran manusia.
Nanoteknologi
Melalui teknologi ini, atom atau molekul yang berukuran dalam orde nanometer (10 meter) dijadikan sebagai dasar untuk menciptakan mesin berukuran sangat kecil yang digunakan untuk menyimpan data atau melakukan tugas-tugas tertentu. Sebagai contoh, komputer molekuler menggunakan sebuah molekul untuk menggantikan transistor silikon, sedangkan komputer titik (dot computer), menggunakan sebuah elektron untuk menggantikan transistor.
Komputasioptik

Komputasi di masa mendatang bisa jadi tidak lagi menggunakan elektronika melainkan memakai optik atau optoelektronik. Dengan demikian, cahaya akan menggantikan elektron. Diharapkan komputasi optik dapat memproses ratusan kali lebih cepat daripada komputer yang berbasis elektris.
Komputasi DNA (Biochip)
Komputasi ini didasarkan kenyataan bahwa informasi dapat ditulis ke setiap molekul DNA Dengan menggunakan biteknologi, DNA sintesis dapat dipakai untuk merepresentasikan sejumlah simbol untuk menggantikan sistem biner.
Komputasi kuantum

Komputas ini didasarkan pada teori mekanika kuantum. Informasi tidak lagi dinyatakan dengan 0 dan 1, melainkan dinyatakan dengan keadaan-keadaan partikel dasar. Sebagai contoh, atom-atom hidrogen dapat dibuat untuk membentuk saklar hidup atau mati seperti transistor pada computer konvensional dengan memindahkan keadaan energy rendah (menyatakan nilai mati) ke keadaan energy tinggi (menyatakan nilai hidup)

Hukum Moore
Pada tahun 1967 Gordon Moore, salah satu pendiri Intel. memprediksikan bahwa jumlah rangkaian dalam cip silikon akan mencapai dua kali per 18 bulan. Prediksi ini dikenal dengan sebutan “Hukum Moore". Gambar berikut memperlihatkan perkembangan prosesor-prosesor Intel memenuhi hukum tersebut.


(Sumber: Williams & Sawyer, 2003, hal. 205 dan Laudon & Laudon, 1998, hal. 220).
loading...

0 Comments


EmoticonEmoticon

loading...
loading...