loading...
loading...

Pengertian Keyboard

loading...
loading...
Keyboard merupakan peranti pemasukan data yang dapat mengubah huruf, angka, ataupun kode lain menjadi isyarat listrik yang dapat diproses komputer. Keyboard paling umum dipergunakan sebagai peranti masukan dan merupakan peranti yang paling lama dimanfaatkan setelah perkembangan komputer dengan masukan kartu plong (punch card).

Keyboard merupakan peranti masukan yang tidak terlalu banyak mengalami perubahan sejak dikenalkan pertama kali. Secara garis besar sistem keyboard biasanya terdiri atas tombol-tombol:
  • pengetikan,
  • angka,
  • fungsi, dan
  • kontrol.
Tombol Pengetikan
Keyboard memiliki berbagai macam bentuk, tetapi tataletak huruf atau angka pada tombol-tombol pengetikan menyerupai tataletak pada mesin ketik tradisional atau yang sering disebut dengan sistem QWERTY (istilah ini diambil dari sederetan tombol-tombol kiri teratas pada mesin ketik). Tujuan mengikuti sistem ini adalah untuk memudahkan pengoperasian oleh pemakai yang telah terbiasa dengan mesin ketik.

Tombol Angka
Keyboard biasanya juga memiliki tombol-tombol angka khusus yang tata letaknya menyerupai tata letak angka pada kalkulator. Bagian ini sering disebut sebagai Numeric keypad, yang biasanya terletak pada sebelah kiri keyboard. Numeric keypad biasanya terdiri atas 17 tombol dengan susunan yang akan memudahkan pemakai yang telah terbiasa dengan kalkulator atau mesin hitung lain.

Tombol-tombol numeric keypad ini seringkali memiliki fungsi ganda. Selain sebagai pengetikan angka saat tombol Num Lock diaktifkan, juga dapat dipergunakan sebagaimana tombol kontrol untuk memindah kursor pada saat tombol Num Lock tidak diaktifkan.

Tombol Fungsi
Tombol fungsi pada keyboard terdiri atas sederetan tombol FI, F2, sampai F12 yang biasanya terletak di bagian paling atas. Kegunaan tombol fungsi ini tergantung pada aplikasi atau sistem operasi yang sedang dijalankan.

Tombol Kontrol
Keyboard juga dilengkapi dengan tombol kontrol yang gunanya untuk mengendalikan gerakan kursor atau layar. Sekalipun keyboard laptop memiliki susunan yang agak berbeda dengan keyboard desktop, namun biasanya jenis-jenis tombol ini dimiliki juga.

Jenis Keyboard
Umumnya jenis keyboard saat ini yaitu:
  • Keyboard 101-key Enhanced
  • Keyboard Windows 104-key
  • Keyboard Standard Apple 82-key
  • Keyboard Extended Apple 108-key
Keyboard Windows memiliki tombol kontrol tambahan berupa tombol Windows atau Start dan tombol Aplikasi, sedangkan keyboard Apple memiliki susunan yang khusus untuk sistem Apple Mac. Selain itu masih ada lagi keyboard Braille yang memungkinkan pemasukan data oleh penyandang tunanetra. Beberapa contoh keyboard diperlihatkan pada Gambar 1 sampa dengan Gambar 6.

loading...
loading...
Hasil gambar untuk keyboard tunanetra
Gambar 1 Contoh keyboard tang dapat digunakanoleh tunanetra.
Hasil gambar untuk kinesis maxim adjustable keyboard
Gambar 2 Kinesis maxim adjustable keyboard

Hasil gambar untuk keyboard intellikey
Gambar 3 Keyboard IntellyKey
Hasil gambar untuk kinesis ergonomic contoured keyboard
Gambar 4 Kinesis ergonomic contoured keyboard


Hasil gambar untuk Keyboard arab
Gambar 5 Keyboard berbahasa Arab

Gambar terkait
Gambar 6 Keyboard Preh Commander MC 128 W/X,
yang dapat diprogram untuk POS


Cara Kerja Keyboard
Di bagian bawah keyboard terdapat sebuah rangkaian listrik yang disebut key matrix. Rangkaian ini terputus-putus di setiap bawah tombol. Penekanan terhadap suatu tombol keyboard akan mengakibatkan rangkaian tersebut menjadi terhubung dan menimbulkan aliran listrik yang dipantau oleh prosesor komputer. Kemudian, prosesor tersebut mencocokkan lokasi koordinat x,y tombol yang ditekan terhadap peta karakter yang tersimpan dalam ROM. Dengan demikian prosesor akan mengetahui setiap karakter yang ditekan oleh pemakai.

Jika pemakai menekan lebih dari satu tombol pada waktu yang bersamaan, maka prosesor akan mencari keberadaan kombinasi tombol tersebut dalam peta karakter.

Peta karakter ini dapat ditimpa oleh perangkat lunak, misalnya pada perangkat lunak yang menghendaki agar tataletak keyboard QWERTY diubah menjadi DVORAK, atau kombinasi kunci tertentu mempunyai arti yang berbeda. DVORAK adalah sistem tata letak keyboard yang disusun berdasarkan keseringpakaian huruf.

Selain itu, keyboard juga dilengkapi dengan peranti yang mampu menyerap getaran elektronis yang diakibatkan oleh pemutus sambungan rangkaian listrik. Hal ini diperlukan agar prosesor tetap mengenalinya sebagai satu tekanan tombol saja.

Keyboard juga dilengkapi dengan typematic. Typematic akan membuat prosesor mengenali jika pemakai memang menekan suatu tombol terus-menerus untuk mengetikkan suatu huruf secara berulang.

Teknologl Keyboard
Berdasarkan teknologi switch rangkaian listrik, ada berbagai macam teknologi keyboard, antara lain adalah:
  • Rubber dome mechanical
  • Capacitive non-mechanical
  • Metal contact mechanical
  • Membrane mechanical
  • Foam element mechanical
Pada jenis mekanis, saklar menghubungkan rangkaian yang terputus. Pada jenis capacitive non-mechanical, dalam rangkaian selalu ada aliran listrik. Penekanan tombol akan membuat piringan di bawah tombol mendekati rangkaian dan mempengaruhi aliran listrik. Aliran listrik inilah yang dipantau oleh prosesor dan dicocokkan dengan peta karakter di ROM.
loading...

0 Comments


EmoticonEmoticon

loading...
loading...